Menjelang hari menstruasi bukanlah hal yang aneh jika tubuh mengalami perubahan seperti pinggang terasa pegal hingga nyeri payudara. Nyeri payudara ini terasa sangat sakit dan kencang, tetapi tak membahayakan bagi tubuh.

Namun, tentunya nyeri payudara sangat mengganggu aktivitas. Penelitian pun masih belum mengetahui kenapa nyeri payudara dapat terjadi disaat menjelang menstruasi. Untuk mengatasi masalah nyeri payudara ini HerStory sudah merangkum dari berbagai sumber. Dicek yuk!

1. Terapkan pola makan sehat

Makanan menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi rasa nyeri payudara. Untuk mengatasinya kamu harus menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk tubuh. Hindari makanan berlemak dan minuman beralkohol dan kafein.

2. Tambahkan asupan vitamin E

Untuk kamu yang seringkali merasa nyeri payudara menjelang haid, kamu harus konsumsi banyak vitamin E dan magnesium untuk mengatasinya. Mengonsumsi 40 mg magnesium dipercaya dapat mengatasi gejala haid seperti nyeri payudara. Konsumsilah kacang, bayam, wortel, beras merah, alpukat, pisang, dan jagung.

3. Kompres menggunakan es batu

Mengompres payudara yang nyeri menggunakan es batu dipercaya dapat mengurangi rasa sakit. Kamu cukup siapkan es batu dan kain, masukkan es batu dalam kain lalu diamkan selama beberapa menit. Kamu juga bisa melakukan ini disaat mengalami nyeri perut di masa menstruasi.

Baca Juga: Waspada! Begini 4 Hal Penyebab Periode Menstruasi Jadi Lebih Singkat