Menu

Jadi Sering Gatal, Ini 5 Perubahan Miss V Setelah Menopause yang Penting Diketahui

17 November 2022 20:20 WIB
Jadi Sering Gatal, Ini 5 Perubahan Miss V Setelah Menopause yang Penting Diketahui

Ilustrasi kesehatan organ intim wanita. (pinterest/freepik)

HerStory, Bekasi —

Memasuki usia 50 tahun, wanita akan bersiap-siap mengalami menopause. Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alam. Gak sebatas pada terhentinya haid, menopause juga akan ditandai dengan berbagai hal, termasuk perubahan miss v.

Dilansir dari Prevention via sindikasi Suara.com, perubahan vagina dapat terjadi di semua tahap menopause, yaitu: perimenopause, menopause, dan postmenopause. Apa saja perubahannya? Simak di bawah ini, ya!

1. Vagina kering dan sering gatal

Hormon estrogen yang tugasnya membantu melumasi dinding vagina, menjadi jauh berkurang saat kamu menopause, menyebabkan miss v terasa jauh lebih kering. Penipisan dan pengeringan dinding vagina ini dikenal sebagai atrofi vagina, dan dapat menyebabkan gejala lain, termasuk gatal dan rasa terbakar pada vagina.

2. Cenderung berdarah saat berhubungan seks

Karena kulit di daerah vagina menjadi lebih tipis setelah menopause, robek dan perdarahan saat berhubungan seks dapat terjadi. Solusinya, kamu dapat menggunakan pelumas sebelum berhubungan seks untuk mengurangi kekeringan pada dinding vagina.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Miss V, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.