Menu

3 Kebiasaan Sehari-hari Ini Sering Banget Diremehin, Padahal Sangat Baik untuk Kesehatan Jantung, Begini Kata Ahli!

18 November 2022 05:35 WIB
3 Kebiasaan Sehari-hari Ini Sering Banget Diremehin, Padahal Sangat Baik untuk Kesehatan Jantung, Begini Kata Ahli!

Ilustrasi seorang wanita terkena serangan jantung. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, selama rata-rata seumur hidup, jantung berdetak sekitar 2,5 miliar kali. Organ vital ini mendorong darah ke seluruh bagian tubuh – membawa oksigen bersamanya dan membuang produk limbah. Jantung yang sehat adalah suatu keharusan untuk beberapa fungsi tubuh.

Nah, untuk menjaga kesehatan jantung dengan baik, banyak orang beralih ke latihan memompa darah dan diet detoksifikasi.

Bahkan jika ini dapat bermanfaat bagi kesehatan jantungmu, ahli jantung Michael Twyman, M.D., pun berbagi tentang beberapa kebiasaan sehari-hari yang diremehkan, namun sangat penting untuk diingat demi kesehatan jantung.

1. Tidur Lebih Awal

Jika kamu masih menjadi bagian dari klan yang menganggap tidur lebih awal "membosankan" atau sesuatu yang hanya dilakukan oleh orang tua, kamu mungkin harus segera keluar dari grup itu, Beauty.

Sebab, tidur yang baik (baik kuantitas maupun kualitas) mungkin lebih penting daripada diet atau olahraga yang sehat. Saat kamu tidur, mitokondriamu akan pulih.

Jika kamu gak menyembuhkan mitokondria di malam hari, tak masalah seberapa baik kamu makan atau seberapa banyak kamu berolahraga; tubuh telah merusak mesin mitokondria, dan kamu gak akan menghasilkan energi secara efisien, kata Twyman. 

“Tanpa ‘pengisian ulang’ yang sangat dibutuhkan ini, di mana otak Anda juga mengeluarkan limbah, Anda tidak akan dapat menjaga kesehatan jantung yang baik selama panjang,” paparnya.

Studi juga menunjukkan bahwa kebiasaan tidur yang tak sehat terkait dengan perkembangan penyakit kardiovaskular (CVD). 

Menurut sebuah penelitian, orang yang kurang tidur, atau yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam, lebih mungkin menderita obesitas, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Wajib Coba! Selain Relaksasi Diri, Mandi Air Panas Bisa Cegah Penyakit Jantung hingga Stroke

Baca Juga: Dijamin Ampuh! Penelitian: Rajin Konsumsi Tahu dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.