Beauty, kamu pasti sudah tahu bahwa gula menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi. Namun, apakah itu benar-benar karena ulah gula atau ada penyebab lain?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa banyak bakteri yang hidup di dalam mulut. Enggak melulu berbahaya, ada beberapa bakteri yang memang baik untuk kesehatan gigi.

Nah, gula akan merusak gigi jika bertemu dengan bakteri jahat. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekelompok bakteri berbahaya tertentu menghasilkan asam di mulut setiap kali bertemu dan mencerna gula. Asam ini menghilangkan mineral dari enamel gigi, yang merupakan lapisan luar gigi yang mengkilap dan melindungi lapisan dalam gigi. Proses ini disebut demineralisasi.

Meski telah dirusak oleh gula, rupanya air liur membantu membalikkan kerusakan ini secara konstan dalam proses alami yang disebut remineralisasi. Mineral dalam air liur, seperti kalsium dan fosfat membantu enamel memperbaiki dirinya sendiri dengan mengganti mineral yang hilang selama 'serangan asam' dari gula. Ini juga membantu untuk memperkuat gigi.

Baca Juga: Infeksi COVID-19 Sebabkan Gigi Copot, Gejala Baru?