Sudah dandan dan tampil cantik, tiba-tiba keringat mengucur deras dari dahi. Alhasil, riasanmu jadi luntur bahkan berantakan. Nah, jangan khawatir. kamu bisa mengikuti tips makeup berikut ini!

Pakai makeup untuk wajah yang mudah berkeringat memang kerap jadi tantangan tersendiri. Pasalnya riasanmu jadi mudah luntur dan berantakan. Bahkan kamu jadi terlihat tak pakai makeup sama sekali. Mengutip dari hello sehat, Senin (16/11/2020) berikut tips riasan untuk wajah berkeringat!

1. Gunakan makeup di saat yang tepat

Menggunakan makeup memang bisa membuat wajahmu jadi lebih berseri. Namun, kamu harus tahu waktu yang tepat untuk merias wajah, terutama makeup tebal. Jika hendak berolahraga, sebaiknya kamu tak perlu merias wajah. Sementara, jika kamu harus bekerja di luar ruangan yang memungkinkan paparan matahari langsung, cukup pakai riasan tipis saja. Pasalnya, kulit berkeringat jika dikombinasikan dengan riasan tebal bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Saat berkeringat, pembuluh darah di sekitar wajah akan mengembang, aliran darah meningkat, dan pori-pori terbuka lebih besar. Riasan yang tebal serta keringat bisa masuk dan terperangkap di pori-pori. Akibatnya, komedo akan terbentuk dan membuat kulit jadi berjerawat. Agar noda di wajah tertutupi, gunakan BB cream atau CC cream yang memang ringan untuk kulit. Lalu, oleskan sedikit concealer sebagai ganti alas bedak yang tebal.

2. Pilih kosmetik yang tepat

Tips makeup untuk wajah yang berkeringat selanjutnya adalah memilih produk kosmetik yang tepat. kamu sebaiknya memilih produk yang dilabeli non-comedogenic yang lebih rendah risikonya menyebabkan penyumbatan di pori-pori.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Cara Ini Dapat Membuat Makeup Tahan Lama, Lho! Apa Aja Ya?