Menu

Sering Disepelekan, Ini 5 Tanda Gula Darah Rendah yang Bikin Hari-hari Makin Cranky! Pernah Rasakan?

21 November 2022 15:25 WIB
Sering Disepelekan, Ini 5 Tanda Gula Darah Rendah yang Bikin Hari-hari Makin Cranky! Pernah Rasakan?

Ilustrasi Pemeriksaan Gula Darah. (The Alternative Daily/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Mungkin beberapa orang hanya fokus pada kadar gula darah yang tinggi saja dan tak mengetahui bahwa gula darah yang rendah juga berbahaya bagi kesehatan lho!

Biasanya, keadaan ini tak disadari oleh beberapa orang dan nantinya bisa jadi bahaya kalau tak segera ditangani. Apa saja sih tanda gula darah rendah yang sering terjadi?

Merangkum everyday health, berikut adalah lima tanda gula darah rendah yang jarang disadari. Simak yuk Beauty!

1. Sering Kelaparan

Apakah kamu pernah secara tiba-tiba merasa lapar tanpa alasan yang jelas? Mungkin saja kadar gula yang ada di dalam tubuhmu sedang mengalami penurunan. Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, kamu bisa mencoba untuk mengatur kadar gula dari asupan karbohidrat yang kamu makan. Kamu bisa makan antara 15-20 gram karbohidrat dengan setiap camilan dan antara 40-65 g setiap kali makan. Kamu juga masih perlu untuk ke dokter atau orang yang lebih ahli dan mengerti dengan gejala yang kamu alami.

2. Merasa Cemas

Menurut Merck & Co, ketika kadar glukosa turun terlalu rendah, tubuhmu akan melepaskan hormon kortisol dan epinefrin atau juga disebut dengan adrenalin, yang memberi sinyal kepada hati untuk melepaskan lebih banyak gula ke dalam darah. Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan pada Juli 2016 di Case Reports in Psychiatry hal tersebut dapat menyebabkan kecemasan dan gejala yang terkait, seperti gemetar, berkeringat, dan jantung berdebar.

Baca Juga: Begini Lho Cara Jitu Kurangi Kadar Gula Darah, Bisa Cegah Diabetes!

Baca Juga: Waspada! 5 Tanda Kadar Gula Tinggi yang Tak Boleh Dihiraukan, Hati-hati Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza