Menu

Serangan Jantung pada Wanita: 12 Gejala Ini Bakal Muncul 1 bulan Sebelum Kejadian, Please Jangan Abai!

22 November 2022 11:05 WIB
Serangan Jantung pada Wanita: 12 Gejala Ini Bakal Muncul 1 bulan Sebelum Kejadian, Please Jangan Abai!

Ilustrasi wanita yang mengalami sakit jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kardiovaskular (CVD) adalah penyebab utama kematian secara global. Terhitung sekitar 17,9 juta jiwa setiap tahun dan lebih dari empat dari lima kematian CVD disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

Serangan jantung sering disebut sebagai 'silent killer'. Ini karena tak menunjukkan gejala apa pun dan membunuh tanpa peringatan.

Banyak orang yang berisiko seringkali tak menyadari bahwa mereka bahkan mengidap penyakit tersebut, yang membuatnya sangat berbahaya. Banyak yang percaya serangan jantung datang tanpa tanda-tanda, tapi sebuah studi baru pun mengklaim sebaliknya.

Tentang studi

Berbeda dengan kepercayaan umum, survei yang diterbitkan dalam Journal Circulation menemukan bahwa serangan jantung dapat didahului oleh sejumlah tanda peringatan. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 500 wanita yang selamat dari serangan jantung.

95 persen dari total peserta mengatakan bahwa mereka melihat ada sesuatu yang tak beres dalam sebulan atau lebih sebelum serangan jantung mereka. Sementara 71 persen melaporkan kelelahan sebagai gejala umum, 48 persen mengatakan mereka mengalami gangguan tidur.

Yang lain mengalami kelelahan dan mengatakan bahwa mereka tak dapat membereskan tempat tidur tanpa istirahat. Beberapa wanita juga merasakan nyeri dada, menggambarkannya sebagai tekanan, nyeri, atau sesak di dada, bukan nyeri.

Baca Juga: Mengancam Nyawa! Ini Bahaya Serangan Jantung yang Menyerang Usia Muda

Baca Juga: Jangan Keliru! Dokter: Banyak Anak Muda Anggap Gejala Serangan Jantung Sebagai Masuk Angin

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: