Menu

Khawatir Anak Terlalu Kurus? Moms Wajib Kasih 5 Makanan Penambah Berat Badan Ini!

22 November 2022 14:25 WIB
Khawatir Anak Terlalu Kurus? Moms Wajib Kasih 5 Makanan Penambah Berat Badan Ini!

Ilustrasi anak dengan tubuh yang kurus karena tak mau makan. (Freepik/zinkevych)

HerStory, Jakarta —

Sebagai orang tua tentu ada perasaan was-was ketika melihat anak terlihat kurus. Jika berat badan buah hati berada di bawah batas normal, maka sebaiknya Moms mulai memperbaiki asupan gizinya.

Salah satu cara untuk menaikkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. HerStory sudah merangkum beberapa makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan berat badan.

Yuk, ubah menu makan anak dengan makanan berikut, Moms!

1. Daging merah

Makanan penambah berat badan satu ini bisa dikatakan yang terbaik, karena daging merah bukan menambah lemah namun menambah massa otot. Daging merah merupakan daging yang berasal dari kambing, sapi, atau kerbau yang memiliki kandungan protein tinggi.

Pada 100 gr daging sapi berlemak setidaknya mengandung 273 kalori, 22 gram lemak, dan 17,5 gram protein. Namun tentu saja porsi konsumsinya tidak boleh berlebihan, lebih baik jika kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Nasi putih

Nasi merupakan sumber karbohidrat paling populer di Indonesia. Pada satu cup nasi, atau setara dengan 158 gram nasi terkandung 44 gram karbohidrat, 204 kalori, dan sejumlah lemak.

Sebagai upaya meningkatkan berat badan, setidaknya konsumsi nasi tiga kali sehari dengan. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan lauk pauk yang mengandung protein.

3. Ikan salmon

Sama halnya dengan daging merah, ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan dan terbukti cukup ampuh menaikkan berat badan. Pada 6 ons salmon terkandung 350 kalori, 4 gram lemak, dan kandungan omega-3 yang dapat memicu pertumbuhan massa otot.

Baca Juga: Gak Cuma Tubuh Pendek, Kenali Tanda Awal Stunting dari Berat Badan Anak

Baca Juga: 9 Trik Bikin Berat Badan Si Kecil Bertambah, Moms Perlu Tahu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.