Menu

4 Sehat 5 Sempurna vs Isi Piringku, Lebih Bergizi yang Mana?

22 November 2022 14:50 WIB
4 Sehat 5 Sempurna vs Isi Piringku, Lebih Bergizi yang Mana?

Ilustrasi makanan sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah sudah tahu bahwa pedoman 4 Sehat 5 Sempurna sudah gak digunakan lagi serta digantikan dengan ‘Isi Piringku’? Pedoman ini dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang mana berkaitan dengan anjuran gizi seimbang.

Ada penyempurnaan di mana Isi Piringku menjelaskan berapa banyak porsi makan yang ideal. Agar lebih mudah dipahami, konsep ini digambarkan dalam sebuah sajian satu piring.

Hal ini sejalan dengan pendapat Food Aficionado, Maria Stephanie, M. Phil yang menjelaskan bahwa makanan yang sehat harud diketahui kandungan apa yang ada di dalamnya. Gak cuma itu, jumlah atau porsinya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

“Makanan sehat dan bergizi seimbang adalah makanan yang mengandung zat-zat dalam jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh seseorang, berdasarkan usia, aktivitas fisiknya, dan juga kondisi kesehatan, seperti apakah memiliki penyakit, alergi, dan lain-lain,” ucap Maria.

Lalu, apa beda antara pedoman 4 Sehat 5 Sempurna dengan Isi Piringku?

4 Sehat 5 Sempurna

Pedoman gizi yang satu ini dibuat pada tahun 1959 oleh Prof. Poorwo Soedarmo. Untuk pedoman ini juga terbagi dua, yaitu sebelum dan sesudah zaman orde baru.

Untuk versi original, 4 sehat terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Karbohidrat, terdiri dari nasi, umbi, jagung, talas

  • Lauk pauk, terdiri dari ayam, ikan, daging sapi, telur, tahu, tempe

  • Sayuran, terdiri dari bayam, sayur asem, daun singkong, dan lainnya

  • Buah-buahan, terdiri dari pepaya, mangga, pisang, jambu, dan lainnya

Sementara itu, untuk pelengkap 5 sempurna terdapat susu, tempe, sayuran, ikan, dan lainnya.

Sedangkan versi orde baru ada perbedaan dalam menu yang disajikan, yaitu:

  • Karbohidrat, terdiri dari nasi, roti, umbi, gandum, singkong, jagung

  • Lauk pauk, terdiri dari ayam, daging, telur, makanan laut, tahu, tempe

  • Sayuran, terdiri dari bayam, kangkung,brokoli, wortel, dan lainnya

  • Buah-buahan, terdiri dari pepaya, pisang, mangga, jambu, dan lainnya

Sementara untuk 5 sempurna pedoman ini dilengkapi dengan susu.

Baca Juga: Puasa Sekaligus Diet, Ahli Gizi UI Sarankan Hal Penting Ini, Kuncinya Konsisten!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.