Finger food adalah camilan yang mudah digenggam oleh bayi untuk dijadikan makanan pendamping ASI. Ukuran finger food harus pas digenggam bayi dan juga mililiki tingkat kelunakan yang pas. Semakin mudah bayi menggigit dan mengunyah dengan baik, maka semakin mudah dicerna juga makanan yang masuk ke perutnya.

Kapan sebaiknya bayi mulai diberi finger food? Saat si kecil memasuki 8 bulan, biasanya ia sudah bisa diajarkan untuk makan dengan tangannya sendiri, walaupun belum sempurna. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa ciri, yakni bayi yang tak lagi berusaha mengeluarkan makanannya, serta jemarinya yang mampu menggenggam makanan. Sehingga, bayi dapat menyelipkan makanan di sela-sela jarinya.

Memberikan finger food untuk bayi dapat menunjang tumbuh-kembangnya dalam hal keterampilan motorik halus, menggigit, serta mengunyah makanan sejak dini. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/11/2020) berikut buah dan sayuran sehat yang cocok jadi finger food bayi.

1. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, vitamin A yang terkandung di dalam tanaman, sehingga bisa menjadi finger food yang sangat baik bagi bayi. Rasa manis alami yang tak terlalu kuat dari wortel juga cenderung disukai oleh bayi. Wortel dengan warna yang lebih gelap dan lebih tua mengandung lebih banyak beta-karoten dibandingkan dengan wortel berwarna muda.

2. Kentang

Untuk si Kecil yang baru mencoba makanan padat, kentang yang dihaluskan merupakan salah satu makanan yang tepat. Kandungan karbohidratnya membuat kentang menjadi sumber energi yang baik untuk si Kecil. Agar gizi kentang tak rusak, rebus kentang dengan utuh tanpa memotongnya. Sebab, merebus kentang yang sudah dipotong-potong akan mengurangi kandungan potasium. Padahal, potasium berguna untuk perkembangan fungsi syaraf dan otot si Kecil. Selain direbus, kentang goreng dapat menjadi finger food yang lezat untuk si Kecil. Sebaiknya, Moms menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng yang tinggi kandungan lemak jenuh.