Sesungguhnya wajar jika tubuh manusia ditumbuhi dengan bulu. Namun sering kali banyak yang menganggap bulu itu mengganggu. Lalu muncullah beberapa cara untuk menghilangkan bulu pada tubuh, terutama untuk wanita demi terlihat 'cantik'.

Ada juga beberapa influencer kecantikan di Youtube yang membagikan pengalaman mereka mencukur bulu-bulu di sekitar tubuh. Jika bulu kaki dan ketiak memang masih wajar dicukur dengan metode waxing, tapi ini ada juga yang waxing bulu hidung!

Terkesan menjijikan dan agak aneh. Bulu hidung pada umumnya berada di dalam lubang, terkadang ada yang terlalu panjang dan bisa dicukur agar enggak terlihat, tapi untuk waxing bulu hidung, apakah hal tersebut benar diperlukan?

Dilansir dari percakapan Popsugar.com dengan Emma Craythorne, konsultan dokter kulit dan dokter kulit dan ahli bedah laser, Max Malik pendiri klinik kosmetik, serta Ross Perry, direktur medis Klinik Kulit Kosmetik, ketiganya berpendapat bahwa waxing bulu hidung adalah tindakan yang enggak perlu. Catat ya, Beauty, gak perlu!

"Rambut hidung seperti penyaring udara untuk paru-paru kita, bulu tersebut memungkinkan masuknya oksigen segar sambil menyaring kotoran, bakteri dan racun dari luar," kata Dr. Malik. 

"Untaian yang melapisi lubang hidung kita juga membantu melembabkan udara yang kita hirup, yang membuat seluruh sistem pernapasan tidak mengering dan menyebabkan iritasi." Dengan kata lain, kita membutuhkan fungsi bulu hidung.

Dr. Malik memperingatkan agar enggak melakukan waxing pada bulu hidung karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Begitu juga fakta yang dijelaskan oleh Dr. Perry, "Dengan menghilangkan bulu hidung, Anda sebenarnya menghilangkan lapisan pelindung." 

Tanpa bulu hidung, kamu rentan terhadap infeksi, dan sistem kekebalan yang lemah. “Bisa juga merusak kulit,” imbuhnya.

Menurut ketiga ahli tersebut, menarik bulu hidung sama buruknya dengan waxing dan enggak sebanding dengan risikonya. 

Jika kamu bersikeras untuk merapikan area tersebut, Dr. Craythorne mengatakan hal teraman untuk dilakukan adalah mencukur. 

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan agar Proses Waxing Menyenangkan

Jika alasan kamu melakukan waxing rambut hidung karena gatal, Ross merekomendasikan penggunaan minyak chia untuk melembutkan rambut dan meminimalkan iritasi.