Menurut 'Journal of International Society of Sports Nutrition', makanan terbaik untuk dimakan setelah berolahraga adalah yang mengandung protein dan sedikit karbohidrat. Tentu saja kamu ingin segera mendapatkan nutrisi tersebut setelah lelah berolahraga.

Untuk jenis makanan apa saja yang harus dimakan setelah berolahraga, cobalah mengkonsumsi beberapa makanan pasca-olahraga berikut untuk mempercepat pemulihan, memaksimalkan manfaat olahraga, dan membantu mempertahankan otot. Makanan ini tentu saja bebas lemak.

1. Protein shake dibuat dengan setengah pisang, satu sendok bubuk protein, susu almond, dan biji rami

2. Salad dengan buncis panggang (1/2 cangkir)

3. Sayuran tumis atau kukus 

4. Tahu

5. Buah blackberry (1 cangkir) 

6. Roti gandum utuh (2 irisan) dengan selai kacang mentah (2 sendok makan) dan nektar agave

7. Burrito dengan kacang-kacangan (1/2 cangkir)

8. Beras merah (1/2 cangkir)

9. Ayam panggang (4 ons) dengan tumis atau sayuran kukus

10. Telur dadar (2 butir telur) diisi dengan tumis sayuran

11. Buah alpukat (1/4 buah)

12. Salmon panggang (4 ons) dengan ubi panggang (5 ons)

13. Sayur bayam 

14. Susu coklat (1 cangkir)

Baca Juga: Menu Makanan di Restoran Cepat Saji untuk Kamu yang Sedang Diet Karbohidrat

Setelah mengkonsumsi makanan rekomendasi setelah olahraga di atas, dijamin kamu sudah masuk ke kategori pola hidup sehat. Tahan dulu makan makanan junk foodnya dan tetap olahraga secara rutin.