Moms, memilihkan buku yang tepat akan membantu mengembangkan kemampuan anak dalam membaca. Namun sebelumnya kenali dulu tahapan kemampuan baca anak.

Saat anak sudah memerlihatkan kesukaannya terhadap suatu topik, dorong mereka untuk memilih sendiri buku yang ingin dibaca. Jangan paksa anak membaca habis buku yang tak ia sukai. Jadikan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan dan bukan tugas yang harus diselesaikan. Mengutip dari mommiesdaily, Rabu (18/11/2020) berikut tipsnya

1. Buku Bergambar

Untuk kelompok usia bayi hingga dua tahun, sebaiknya Moms pilihkan buku yang berisi gambar berukuran besar dan berwarna cerah. Agar tak mudah rusak, beli buku berbahan karton tebal atau busa. Anak-anak usia bayi hingga dua tahun adalah pendengar, mereka lebih menyukai buku dengan teks singkat disertai gambar yang mengilustrasikan kejadian pada cerita tersebut.

2. Buku Cerita

Untuk usia 3 hingga 5 tahun, buku yang cocok adalah yang mengenalkan huruf, angka, dan bentuk. Buku cerita yang isinya menceritakan kehidupan sehari-hari seperti pengalaman liburan, bersekolah, atau kehidupan binatang juga menarik minat mereka. Tokoh utama dalam cerita sebaiknya berusia sama dengan Si Kecil, ini akan membuatnya merasa terhubung dengan jalan cerita. Teks cerita bisa sedikit lebih kompleks dan banyak menggunakan pengulangan kata. Ini dapat menstimulasi Si Kecil belajar membaca.

Baca Juga: Simak, Begini Perjalanan Hidup Lona Kharisma Sebagai Indigo