Menu

Ahli Ungkap 7 Tanda Kamu Punya Inner Child yang Terluka, Jangan Diabaikan Ya!

24 November 2022 15:00 WIB
Ahli Ungkap 7 Tanda Kamu Punya Inner Child yang Terluka, Jangan Diabaikan Ya!

Seorang wanita penderita Depresi yang menutup oesedihannya dengan kertas bergambar 'Senyuman' (Unsplash/Sydney Sims)

HerStory, Jakarta —

Saat ini, pembahasan soal inner child sedang booming dibicarakan oleh banyak orang. Banyak juga konten-konten di media sosial yang membahas soal inner child. Namun, apakah kamu tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan inner child?

Seorang psikolog klinis yang aktif sebagai konselor dan psikoterapis di bidang anak, remaja, parenting, dan keluarga, Faiz Hayaza, S.Psi., Psikolog, menjelaskan bahwa semua orang sebenarnya memiliki inner child. Apa itu?

"Inner child itu kalau secara singkat adalah bagian dari alam bawah sadar. Setiap orang pasti menyimpan berbagai hal sejak kecil. Jadi, itu ditekan dari sejak kita kecil, yang kita alami, kemudian perlakuan yang kita dapatkan, apa yang kita lihat itu semua terpendam masuk ke dalam diri kita dan terbawa sampai saat ini (dewasa)," jelas Faiz Hayaza kepada HerStory belum lama ini.

Banyak orang yang mengatakan kalau inner child akan selalu berdampak buruk bagi kehidupan seseorang. Namun, ternyata faktanya enggak begitu lho, Beauty. 

"Jadi, sebenarnya inner child itu bisa positif atau negatif, enggak hanya negatif saja seperti yang banyak orang bilang," ujar Faiz.

Inner child bisa menjadi negatif karena masa lalu yang kurang baik, tapi inner child juga bisa menjadi positif jika seseorang mendapatkan banyak hal baik di masa lalunya.

Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi inner child seseorang, salah satunya pola asuh orang tua mulai dari kecil. Memori sejak kecil akan terus terbawa hingga dewasa.

"Pola asuh memang menjadi salah satu faktor inner child seseorang. Inner child ini bisa kita terima dari orang-orang terdekat kita, salah satunya orang tua yang ada mendampingi sejak kecil," kata Faiz.

Nah, pengalaman masa lalu setiap orang pasti berbeda-beda. Hal itu juga bisa berpengaruh pada perkembangan diri seseorang. 

Lantas, apa saja tanda-tanda seseorang memiliki inner child yang terluka? Yuk, simak baik-baik, ya!

1. People pleaser

People pleaser ini berarti seseorang yang memiliki dorongan kuat untuk menyenangkan orang lain, bahkan mereka rela mengorbankan dirinya sendiri.

"Orang ini senang dan selalu terdorong untuk mengatakan 'iya' dan ingin memenuhi keinginan orang-orang di sekelilingnya. Dengan kata lain, orang ini sulit mengatakan 'tidak'," ungkap Faiz.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Cemas?

Baca Juga: Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: