Menu

Mematikan, Begini Cara Mencegah Komplikasi Diabetes yang Tepat, Jangan Diabaikan Moms, Catat!

24 November 2022 17:15 WIB
Mematikan, Begini Cara Mencegah Komplikasi Diabetes yang Tepat, Jangan Diabaikan Moms, Catat!

Ilustrasi Pemeriksaan Gula Darah. (The Alternative Daily/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak memakan korban jiwa. Di Indonesia sendiri, penyakit ini ada di posisi ke tiga yang menyebabkan kematian, setelah kanker dan penyakit jantung.

Pasalnya, jika tidak mendapat perawatan dengan tepat, diabetes bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, jantung, dll. Oleh sebab itu, jika Moms mengidap diabetes, sebaiknya rutin berkonsultasi ke dokter dan selalu menjaga pola hidup sehat.

Melansir dari laman Genpi, Kamis (23/11/2022), spesialis Penyakit Dalam dr. Caesar Lagalinggo Givani mengatakan bahwa selain melakukan konsultasi, pasien perlu melakukan tindakan untuk mencegah dan menunda komplikasi diabetes.

“Misalnya, membuat pilihan makanan yang lebih sehat. Tiga hal yang perlu menjadi perhatian untuk menu makanan diabetes yaitu ukur jumlah kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh kita ya maksimal 1500kkal/hari,” tuturnya.

Lebih lanjut, Caesar menyarankan penderita diabetes untuk mengutamakan makanan rendah kolesterol dan tinggi serat rendah Glikemiks Index (GI). Lalu, sebisa mungkin penderita diabetes menghindari makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat.

"Pastikan tiga kali makan dalam sehari dan selingan tiga kali snack rendah GI, seperti sayur dan buah untuk cegah lonjakan gula darah," jelasnya.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.