Menu

Penderita Diabetes Wajib Menghindari Makanan Manis, Ini Rekomendasi 3 Pemanis Alternatif yang Bisa Digunakan, Terakhir Gak Banyak yang Tahu

25 November 2022 16:04 WIB
Penderita Diabetes Wajib Menghindari Makanan Manis, Ini Rekomendasi 3 Pemanis Alternatif yang Bisa Digunakan, Terakhir Gak Banyak yang Tahu

Gula pasir dan gula merah. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Penderita diabetes dituntut untuk mengontrol gula darah agar terhindar dari komplikasi. Hal itu tentu membuat mereka cenderung menghindari makanan manis. Oleh sebab itu, pemanis alternatif pun menjadi solusi terbaik bagi para penyandang diabetes.

Pemanis terbagi dalam dua jenis, yaitu alami dan buatan. Pemanis alami berasal dari bahan alami, yaitu madu, gula kelapa, ekstrak daun stevia, xylitol dari jagung, yacon sirop.

Selain pemanis alami, adapula pemanis buatan yang lebih populer sebagai zat tambahan pada makanan dan minuman olahan. Berikut ini 3 pilhan pemanis buatan yang aman dan bisa menjadi alternatif bagi penderita diabetes.

1. Sakarin

Sakarin adalah pemanis buatan dengan bentuk seperti bubuk kristal putih yang tidak mengandung kalori dan cenderung aman bagi penderita diabetes. Rasanya bisa mencapai 300 kali lebih manis dari gula pasir, sehingga meninggalkan rasa pahit.

2. Sorbitol

Tidak sama seperti jenis pemanis buatan lain, dalam hal ini sorbitol adalah salah satu jenis karbohidrat. Zat pemanis buatan ini punya nama lain yaitu D-sorbitol yang tidak sekadar menambahkan rasa manis, akan tetapi juga bisa menjaga level kelembapan makanan agar teksturnya sesuai keinginan.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.