Menu

Gak Mahal Kok! Tips Hidup Berkelanjutan yang Baik Bagi Diri Sendiri dan Lingkungan

25 November 2022 21:10 WIB
Gak Mahal Kok! Tips Hidup Berkelanjutan yang Baik Bagi Diri Sendiri dan Lingkungan

Dwi Sasetyaningtyas selaku CEO & Founder Sustaination saat melakukan wawancara mengenai gaya hidup berkelanjutan (Noorma/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pernah mendengar tentang gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living yang belakangan ini sedang gencar disuarakan oleh berbagai pihak. Salah satunya oleh komunitas Susteinetion yang berfokus pada penyediaan informasi dan edukasi mengenai hal ini.

Dwi Sasetyaningtyas selaku CEO & Founder Sustaination menjelaskan bahwa ada kekeliruan yang menganggap bahwa gaya hidup berkelanjutan itu mahal. Padahal menurutnya hal itu salah dan mana sebaliknya.

“Banyak orang bilang kalau hidup sehat itu mahal. Tapi dalam jangka panjang itu hemat. Misal kita pakai pembalut sekitar 40 ribu satu paket sehingga kita mengeluarkan hampir 500  ribu satu tahun. Sedangkan ketika kita menggunakan mestrualkan, yang mana merupakan satu opsi yang lebih sustainable, kita cuma mengeluarkan Rp400 yang bisa dipakai selama 10 tahun,” ujar CEO & Founder Sustaination yang akbrab disapa Tyas itu ketika ditemui oleh HerStory di Jakarta Convention Center (24/11/2022).

Ia gak memungkiri bahwa di awal mungkin terasa mahal namun tanpa disadari itu merupakan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

“Memang investasinya itu mahal di awal namun dalam jangka panjang lebih hemat,” terangnya.

Selanjutnya, Tyas menjelaskan bahwa dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan, maka kamu akan semakin sadar dan bijak dalam mengelola pengeluaran. Kamu memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan semata.

“Ketika kita menerapkan gaya hidup sustainable, kita juga lebih conscious (sadar) dan mindful (bijak) dalam membelanjakan duit kita. Gak akan jadi impulsif (tergoga) flash sale atau diskon karena kita selalu berpikir untuk berbelanja hal yang kita butuhkan gak cuma kita inginkan,” sambungnya.

Baca Juga: Dukung Sustainable Living, Re.juve Terapkan Gerakan Nol Sampah!

Baca Juga: Sustaination Ungkap Hal Fundamental yang Jadi Solusi untuk Masyarakat Bisa Hidup Berkelanjutan, Singgung Soal Peran Pemerintah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: