Menu

Jangan Sepelekan Hipertensi, Kenali 3 Tanda Sirkulasi Buruk di Kaki Akibat Tekanan Darah Tinggi Ini Beauty!

28 November 2022 09:00 WIB
Jangan Sepelekan Hipertensi,  Kenali 3 Tanda Sirkulasi Buruk di Kaki Akibat Tekanan Darah Tinggi Ini Beauty!

Ilustrasi tensi darah. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tekanan darah yang tak terkontrol adalah salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskular (CVD) seperti serangan jantung dan stroke, dan bertanggung jawab atas sepertiga dari total kematian di India.

Disebut sebagai silent killer, tekanan darah tinggi atau hipertensi mungkin tak menunjukkan gejala apa pun, yang membuatnya semakin berbahaya dan memprihatinkan.

The American Heart Association (AHA) mengatakan, tekanan darah tinggi tak bisa disembuhkan. Tapi, bisa dikelola secara efektif melalui perubahan gaya hidup dan, bila diperlukan, obat-obatan.

Bagaimana tekanan darah tinggi mempengaruhi sistem peredaran darah?

Sementara tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko terbesar CVD, hal ini terutama diketahui karena kerusakan dan bahaya yang ditimbulkannya pada pembuluh darah.

Sistem peredaran darah membantu memompa darah dari jantung ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen. Jantung kemudian mengirimkan darah beroksigen melalui arteri ke seluruh tubuh. Vena di sisi lain membawa kembali darah yang kurang oksigen ke jantung untuk memulai proses sirkulasi lagi.

Tekanan darah tinggi mendorong jantung bekerja lebih keras, sekaligus membuat pembuluh darah kurang efisien. Kekuatan dan gesekan dari tekanan darah akhirnya merusak jaringan halus di dalam arteri.

Bagaimana tekanan darah tinggi menyebabkan PAD? Apa itu?

Seperti yang telah dijelaskan, tekanan darah tinggi dapat merusak jaringan halus di dalam arteri. Beberapa arteri ini juga ada di tungkai dan kaki Anda. Hal ini menyebabkan sirkulasi yang buruk di tubuh bagian bawah, yang menyebabkan kondisi yang disebut PAD atau penyakit arteri perifer

Sementara PAD itu sendiri tak berbahaya atau mengancam jiwa, tapi jika tak ditangani itu dapat berkembang dan menyebabkan masalah kesehatan yang parah termasuk gagal jantung atau serangan jantung.

Baca Juga: Rasanya Lezat, Ini 4 Makanan yang Gak Boleh Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi, Bahaya Banget Moms!

Baca Juga: Gak Banyak Orang Tahu, Ini 4 Gejala Diabetes yang Jarang Disadari, Terakhir Bisa Menguras Energimu Nih Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: