Menu

4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Jadi Korban KGBO, Jangan Ragu Buat Lapor Ya!

28 November 2022 21:20 WIB
4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Jadi Korban KGBO, Jangan Ragu Buat Lapor Ya!

Stop kekerasan seksual pada anak (Focus for Health)

HerStory, Jakarta —

Dalam panduan AntiKGBO yang dirancang oleh SAFEnet dijelaskan bahwa Kekerasan Gender Berbasis Online atau KGBO mencakup spektrum perilaku, termasuk penguntitan, pengintimidasian, pelecehan seksual, pencemaran nama baik, ujaran kebencian, serta eksploitasi. 

Hal tersebut tertuang dalam Internet Governance Forum yang mana juga dijelaskan bahwa KGBO dapat masuk ke ranah offline jika korban atau penyintas mengalami kombinasi penyiksaan fisik, seksual, dan psikologis baik secara online maupun di dunia nyata.

Korban atau penyintas mungkin akan mengalami dampak yang berbeda, berikut HerStory beberapa dampak dari KGBO:

- Dampak psikologis

Korban berisiko mengalami depresi, kecemasan, dan ketakutan. Bahkan, ada kasus di mana korban menyatakan pikiran untuk bunuh diri.

- Keterasingan sosial

Hal ini juga kerap menjadi kekhawatiran sebab korban menarik diri dari keluarga dan lingkungan. Biasanya kondisi ini dialami oleh korban yang foto atau video pribadinya disebarluaskan tanpa ijin hingga merasa dipermalukan di depan umum.

- Kerugian ekonomi

Korban menjadi pengangguran dan kehilangan penghasilan.

- Mobilitas terbatas

Korban kehilangan kemampuan untuk bergerak bebas dan berpartisipasi dalam ruang online maupun offline.

- Sensor diri

Korban kehilangan kepercayaan terhadap keamanan dalam menggunakan tekologi digital sehingga kerap menarik diri dari akses informasi, layanan elektronik, dan komunikasi sosial atau profesional.

Baca Juga: Nah Lho... Disebut Selingkuhan Brigadir J, Putri Candrawathi Justru 'Pelaku' Eksploitasi Seksual ke Ajudannya: Demi Penuhi Nafsu Bejat

Baca Juga: Kolaborasi, Bluebird dan Yayasan Suara Hati Perempuan Gelar Kampanye Anti-Kekerasan terhadap Perempuan Lewat Ajang Seni, Seperti Apa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.