Menu

Hasil Studi: 75% Korban Kekerasan Seksual di Tempat Kerja Tak Laporkan Kejadian, Alasannya…

28 November 2022 22:20 WIB
Hasil Studi: 75% Korban Kekerasan Seksual di Tempat Kerja Tak Laporkan Kejadian, Alasannya…

ilustrasi pelecehan seksual di kantor (pinterest/edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Never Okay Project (NOP) dan International Labour Organization (ILO), 853 dari 1173 responden (70,93%) pernah mengalami kekerasan dan pelecehan di dunia kerja. Ada beragam bentuk pelecehan yang dialami yaitu psikologis, seksual, ekonomi, daring, hingga fisik.

Hasil survei menunjukkan bahwa 74,58% responden diharuskan melakukan pekerjaan di luar tanggung jawabnya dengan beban kerja yang tinggi serta kurang istirahat. Sebanyak 42,45% responden diminta untuk kerja hingga larut malam di luar jam kerja. Selanjutnya terdapat 33,09% responden yang dipaksa bekerja tanpa kejelasan pembayaran gaji atau upah.

Masih berkaitan dengan kekerasan dan pelecehan di tempat kerja, hasil studi pada tahun 2016 oleh EEOC menunjukkan bahwa 75% orang yang mengalami pelecehan di tempat kerja memilih untuk diam. Mereka enggan untuk mengadu ke manajer, supervisor, atau perwakitan serikat pekerja.

Dalam Diskusi 16 Hari Aktivisme Melawan Kekerasan Berbasis Gender: Menciptakan Ruang Aman untuk Dukung Pekerja dan Pemberi Kerja pada Jumat (25/11/2022), An Nisaa Yovani dari Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kekerasan Seksual (KOMPAKS) menyampaikan ada beberapa alasan di balik keputusan tersebut, yaitu:

  • Khawatir akan keamanan kerja dan sumber pendapatan

  • Faktor relasi kuasa

  • Kebijakan tentang perlindungan pekerja yang gak jelas

  • Mekanisme penanganan kasus kekerasan dan pelecehan seksual di tempat kerja yang gak tersedia

  • Budaya yang kerap menyalahkan korban

Baca Juga: Nah Lho... Disebut Selingkuhan Brigadir J, Putri Candrawathi Justru 'Pelaku' Eksploitasi Seksual ke Ajudannya: Demi Penuhi Nafsu Bejat

Baca Juga: Kolaborasi, Bluebird dan Yayasan Suara Hati Perempuan Gelar Kampanye Anti-Kekerasan terhadap Perempuan Lewat Ajang Seni, Seperti Apa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.