Bukan hal yang aneh, kenyataannya banyak anak yang takut dengan pelajaran matematika. Bahkan merasa tegang, cemas dan langsung menghindarinya. Padahal matematika penting karena merupakan fondasi bagi banyak penemuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tanpa disadari pelajaran matematika ini sudah ditemui sejak anak berada di taman kanak-kanak. Anak mulai diperkenalkan dengan konsep matematika dasar, misalnya melalui kegiatan menghitung jumlah buah dalam keranjang. Namun seiring waktu, matematika yang dipelajari dengan cara menyenangkan ini, menjadi hal yang paling ditakutkan oleh anak. Apa yang mesti Moms lakukan agar anak bisa melihat matematika dari sudut pandang yang lebih positif dan mau mempelajarinya? Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/11/2020) berikut tipsnya.

1. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Moms harus bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sesuai usia anak, misalnya dalam bentuk kuis atau games, menggunakan media belajar yang menarik, dan lain sebagainya. Ini supaya anak bisa membangun persepsi yang positif terhadap matematika.

2. Berikan anak waktu untuk memahami materi

Ajari anak dengan sabar dan pelan-pelan. Banyak siswa yang melihat Matematika sebagai pelajaran rumit yang harus menghafal rumus, padahal hitung-hitungan termasuk pelajaran konseptual. Menghafal langkah dan rumus malah akan membuat anak tak senang belajar Matematika. Maka dari itu biarkan anak benar-benar memahami Matematika sesuai kapabilitas waktunya. Ulangi terus jika anak belum paham, tetapi jangan dimarahi, ya! Jadikan belajar Matematika sebagai hal yang menyenangkan bagi sang buah hati.

Baca Juga: 7 Nilai Kehidupan yang Harus Anak Kuasai sejak Dini