Setelah melahirkan tentu tubuh akan mengalami beberapa perubahan seperti susahnya Buang Air Besar (BAB). Kondisi ini merupakan hal yang biasa terjadi pada ibu di pasca melahirkan. 

Salah satu penyebab Moms susah BAB dikarenakan mengalami dehidrasi saat proses melahirkan. Alasan lain juga bisa terjadi karena Moms memiliki masalah wasir atau sudah BAB sebelum melahirkan.

Akan tetapi, perlu diperhatikan jika BAB tak kunjung membaik. Jika Moms sulit BAB selama beberapa minggu lebih baik segera konsultasikan ke dokter agar tak menyebabkan luka di area anus.

Mengutip dari the Asian Parent (20/11/2020), berikut beberapa cara jitu mengatasi sulit BAB pasca melahirkan. Simak artikelnya, ya, Moms!

1. Berendam dengan air hangat

Jika Moms sulit BAB, cobalah berendam di air hangat selama 10 menit. Air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan sembelit karena wasir. Selain itu, berendam dengan air hangat juga akan membuat Moms merasa lebih tenang dan mengurangi rasa nyeri.

2. Asupan cairan yang cukup

Jika tubuh mengalami dehidrasi maka akan berisiko mengalami sembelit atau susah BAB. Untuk itu Moms perlu mendapatkan asupan cairan yang banyak agar tak mengalami sembelit. Cobalah minum air hangat dan tambahkan dengan perasan lemon agar berfungsi lebih maksimal mengatasi sembelit.

3. Hindari menahan BAB

Menahan BAB hanya akan membuat feses semakin keras dan sulit dikeluarkan. Untuk itu, Moms jangan pernah coba-coba menahan BAB agar terhindar dari sembelit. Tak hanya di pasca melahirkan saja, di saat apapun lebih baik hindari menahan BAB.

Baca Juga: Sombong, Iggy Azalea Turun 20 Pon setelah Melahirkan tanpa Olahraga, Kok Bisa?