Menu

Gegara Sering Makan Mie Instant, Korban Gempa Cianjur Keluhkan Alami Sembelit, Begini Saran dari Dokter Moms, Catat!

01 Desember 2022 09:20 WIB
Gegara Sering Makan Mie Instant, Korban Gempa Cianjur Keluhkan Alami Sembelit, Begini Saran dari Dokter Moms, Catat!

Pengungsi di Kampung Cikamunding RT0310, Desa Nagra, Kecamatan Cianjur (Tribunjabar/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Gempa berkekuatan 5,6 Magniudo mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu. Kini masyarakat Cianjur tinggal di pengungsian sementara waktu karena rumah mereka hancur saat gempa.

Selama tingga dipengungsian, banyak korban gempa Cianjur mengeluhkan sembelit atau susah buang air besar. Hal tersebut disinyalir dari seringnya makan mie instant di pengungsian.

Guna mencegah agar tak kembali muncul masalah saluran pencernaan ini, dokter spesialis gizi klinik konsultan Krisadelfa Sutanto mengungkapkan ada tiga hal yang perlu di lakukan. Apa saja? Berikut ini saran Dokter Krisadefa, dilansir dari laman Liputan6.com, Kamis (1/12/2022).

1. Banyak minum air putih

Agar buang air besar (BAB) lancar, cara paling mudah adalah dengan memperbanyak konsumsi air sesuai rekomendasi. Yakni dua liter per hari atau setara dengan delapan gelas per hari.

2. Konsumsi makanan berserat

Selain mengonsusmi makanan kaya karbohidrat dan protein, korban gempa Cianjur diharapkan bisa mengonsumsi makanan lain yang kaya akan serat. Kamu bisa mengonsumsi sayuran atau buah, seperti apel dan jeruk. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan lain yang kaya akan serat, seperti puding dan agar-agar.

Baca Juga: Gak Perlu Repot Antri! Ini Resep Mie Gacoan ala Rumahan Pakai Mie Instan, Cuss Langsung Jajal!

Baca Juga: Dokter Ungkap 2 Tipe Sembelit yang Sering Dialami Anak, Ini Bahayanya untuk Si Kecil Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.