Beauty, bedak menjadi salah satu rangkaian riasan wajah yang terbilang wajib untuk digunakan. Bedak bisa membuat tampilan lebih alami dan ringan, bahkan juga memiliki manfaat untuk menyerap berlebih pada kulit. 

Banyak varian bedak di pasaran, mulai dari bedak tabut, padat, atau bahkan bedak cair sekali pun. Mungkin, banyak di antara Beauty yang juga suka menggunakan bedak tanpa foundation sekali pun. Meskipun enggak menutupi kekurangan kulit, memole bedak untuk tampilan sehari-hari saja dirasa cukup.

Tapi Beauty, tahu enggak sih kalau ternyata pakai bedak setiap hari itu juga enggak baik lho! Mengutip dari laman The List, Sabtu (7/3/2020), Dokter kulit, dr. Shefali, mengatakan kepada The Health Site, kalau bedak itu juga bisa membuat kulit menjadi kering.

Baca Juga: Anti Bokek! Ini 5 Bedak Tabur yang Wajib Kamu Punya!

Hal ini dikarenakan terlalu banyak menyerap alami dalam kulit. Selain itu juga bisa menyumbat pori-pori dan juga jerawat pada wajah. Beauty perlu hati-hati ya dalam menggunakan bedak, atau kamu bakal keracunan bedak yang justru memperparah kondisi kulit. 

Enggak cuma sampai di situ aja, bedak juga sering mengandung bahan yang bisa sangat berbahaya kalau terhirup secara enggak sengaja.

Paparan inhalasi tersebut dapat menyebabkan gejala-gejala seperti kesulitan bernafas, tenggorokan terasa panas, batuk, dan juga iritasi pada mata. Parahnya, kalau sampai tertelan, bedak bisa menyebabkan sakit perut, muntah-muntah, dan juga diare. 

Medline Plus menyarankan, kalau bedak terhirup secara enggak sengaja, kamu bisa langsung menghirup udara segar. Kalau enggak sengaja tertelan, kamu bisa menetralisirnya dengan air atau pun susu, kecuali kamu mengalami kejang-kejang dan harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Jadi Beauty, mulai sekrang kamu harus lebih berhati-hati menggunakan bedak ya!

Semoga bermanfaat!