Menu

Konon Katanya Santan Jadi Biang Kerok Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi, Fakta Atau Mitos? Cari Tahu Jawabanny di Sini Yuk Moms!

01 Desember 2022 16:25 WIB
Konon Katanya Santan Jadi Biang Kerok Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi, Fakta Atau Mitos? Cari Tahu Jawabanny di Sini Yuk Moms!

Santan Kelapa (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms mungkin sering mendengar bahwa santan dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Namun, benarkah pernyataan tersebut atau justru hanya mitos belaka?

Santan merupakan bahan makanan yang diperoleh dari perasan daging buah kelapa yang memiliki rasa gurih. Selain sebagai bahan makanan, santan juga memiliki manfaat untuk tubuh karena mengandung banyak nutrisi seperti protein, lemak, zat besi, magnesium, kalium, karbohidrat, dan sebagainya.

Meskipun memiliki banyak nutrisi, namun santan seringkali menjadi momok bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kolesterol.

Namun sebenarnya, santan hanya sedikit mengandung natrium dan tidak dapat menaikkan tekanan darah Anda. Sebaliknya kandungan kalium tinggi dalam santan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sementara itu, berdasarkan penelitian, santan tidak menaikkan kadar kolesterol jahat (LDL) namun menaikan kadar kolesterol baik (HDL) karena mengandung asam laurat.

Baca Juga: Punya Kolesterol Tinggi Padahal Pola Makan Sehat? Kenali 5 Penyebabnya yang Gak Banyak Orang Tahu Yuk Moms

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ini 3 Gajala Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kuku, Cek Sekarang Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.