Menu

Rahasia Sukses Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia: Saya Gak Percaya Sesuatu yang ‘Instan’

07 Desember 2022 06:05 WIB
Rahasia Sukses Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia: Saya Gak Percaya Sesuatu yang ‘Instan’

Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia. (Istimewa/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, wanita di Indonesia banyak yang memiliki potensi dan kemampuan besar untuk menjadi pemimpin. Ya, saat ini cukup banyak kaum hawa yang berada di puncak kepemimpinan di perusahaan ataupun organisasi. Bahkan tak sedikit pula yang memulainya dari nol, lho Beauty. Salah satunya adalah Mona Monika, yang saat ini menduduki posisi Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia.

Diakui Mona, sapaan akrabnya, bukan hal mudah bagi dia untuk mencapai posisinya sekarang. Tuntutan pekerjaan, segala hambatan dia jadikan sebagai tantangan. Lantas, bagaimana sih perjalanan karir Mona sampai ke posisi puncak di sebuah Bank terkemuka di Asia ini?

Kepada HerStory, Mona mengaku mengawali karir di bidang kehumasan atau public relation (PR) pada tahun 1998, dan sepanjang karirnya ia telah bekerja di berbagai sektor sebelum menjadi bagian dari Bank DBS Indonesia di tahun 2014 lalu.

“Awal mulai saya kerja itu jadi preschool teacher di Jakarta. Kemudian saya langsung terjun sebagai PR officer di beberapa hotel di Indonesia, dari hospitality industry saya move ke British Council,  juga sebagai public relation Manager, terus habis itu saya move ke Medco Energi, juga sebagai Head of Communication. Terus udah gitu masuk mulai Microsoft sama Country PR, abis itu ke CIGNA, terus diperkenalkanlah ke Bank, jadi VP of Corporate Affairs di Citi Bank. Singkat cerita saya kemudian saya ditawarkan posisi di DBS,”  aku Mona, baru-baru ini.

Manjajaki karir di sektor perbankan sendiri tak pernah terlintas di benak Mona. Justru cita-citanya sejak belia adalah menjadi seorang Diplomat. Terjun ke dunia komunikasi sendiri diakui Mona adalah gegara dikenalkan oleh sang Ayah. 

Dan melalui kontribusinya itu, Beauty, program PR yang Mona pimpin pun mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya dari Indonesia Public Relations Awards 2022 oleh Warta Ekonomi serta PR Indonesia Awards 2022 oleh PR Indonesia.

“Saya dikenalkan ke dunia komunikasi ini oleh Ayah saya pas SMA dulu. Ayah saya suka cerita soal Almarhumah Resita Supit, PR pertama di Indonesia. Nah, itu yang bikin saya tertarik. Tapi saya gak tahu nih, kuliahnya apa sih mau masuk komunikasi itu, saya malah masuk sastra Inggris. Tapi waktu itu saya sangat mencintai kesastraan, karena saya suka baca dan nulis. Dan ternyata itu adalah skill dasar yang dibutuhkan untuk bekerja di dunia komunikasi,” tutur Mona.

Dalam menggeluti karirnya, Mona menganut prinsip penting dalam hidupnya. Ia sangat meyakini bahwa kerja keras dan juga ketekunan itu adalah kunci bagaimana seseorang bisa maju dalam tangga karir.

“Semua orang tuh menurut saya gak ada yang bodoh, tapi kalau kita memiliki dua hal itu, yakni tekun dan kerja keras, saya rasa semua orang bisa berhasil. Karena saya gak percaya ada sesuatu yang instan. Biasanya kalau ada yang instan, pasti ‘hidupnya’ gak lama. Kalau kita kita terbentuknya instan, begitu ada , kita akan susah untuk melewati tantangan itu. Once kita kesandung dan susah bangun lagi, karir kita akan mandek, obsiously,” sambung Mona.

Baca Juga: Rutinitas Wanita Sukses, Lakukan 4 Hal Ini untuk Hidup Independen, Nomor 3 Penting Banget Lho!

Baca Juga: Bank DBS Dukung UKM untuk Lestarikan Bisnis Berkelanjutan dengan Berikan Dana Hibah Sebesar 3 Juta Dollar Singapura

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: