Menu

Jangan Disepelekan, 6 Makanan Ini Dapat Memperburuk Masalah Usus dan Pencernaan, Efeknya Fatal!

08 Desember 2022 14:05 WIB
Jangan Disepelekan, 6 Makanan Ini Dapat Memperburuk Masalah Usus dan Pencernaan, Efeknya Fatal!

Ilustrasi kanker usus (Yale University/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, masalah usus dapat muncul dengan berbagai cara. Gas, kembung, sembelit, diare, dan refluks hanyalah beberapa gejala yang mungkin dialami seseorang. 

Sementara beberapa gejala ini mungkin terkait dengan kondisi kronis pada saluran pencernaan, yang lain mungkin disebabkan oleh kepekaan terhadap satu atau banyak makanan tertentu. 

Dalam kedua skenario tersebut, apa yang kamu makan nyatanya dapat memengaruhi kesehatan ususmu sendiri, Beauty. Itulah mengapa penting untuk diperhatikan kapan gejala ini muncul, sambil mungkin juga mempertimbangkan apa yang kamu makan sepanjang hari.

Terlepas dari asal muasal masalah pencernaan, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat mengalami ketidaknyamanan pencernaan, karena bisa membuat gejala yang kamu alami semakin parah. 

Dikutip dari laman Eat This, Kamis (8/12/2022), berikut adalah 6 makanan yang harus kamu hindari saat perutmu sakit karena dapat memperburuk masalah usus. Apa saja?

1. Keripik

Asin, renyah, dan enak, keripik mungkin merupakan camilan yang enak, tetapi bisa memperburuk masalah pencernaanmu, lho Beauty. 

Keripik dapat menyebabkan masalah pencernaan lainnya karena digoreng. Makanan tinggi lemak ini terkenal menyebabkan mulas, masalah umum pada saluran pencernaan. Keripik bukan satu-satunya penyebab di sini, melainkan makanan berlemak apa pun, termasuk makanan olahan, kentang goreng, dan daging berlemak, dapat meningkatkan kemungkinan mulas.

2. Permen karet bebas gula

Mungkin mengejutkan bahwa permen karet dapat memengaruhi saluran pencernaan, tetapi banyak varietas permen karet bebas gula yang dibuat dengan gula alkohol. Senyawa ini digunakan untuk memberikan rasa manis pada makanan tanpa kalori sebanyak gula. 

Namun, gula alkohol ini tak dapat sepenuhnya dicerna oleh tubuh dan karenanya dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Kembung, gas, dan diare adalah beberapa gejala paling umum yang mungkin dialami seseorang. 

3. Gula

Gula rafinasi juga dapat menimbulkan masalah pencernaan dan ususmu, Beauty. Menambahkan gula, seperti pada permen, sereal, dan makanan yang dipanggang, tampaknya memiliki banyak efek negatif pada tubuh, termasuk usus. 

Penelitian menunjukkan gula tambahan ini dapat meningkatkan sifat pro-inflamasi di usus, yang dapat menyebabkan serangkaian masalah, termasuk ketidakseimbangan bakteri usus yang bermanfaat dan disregulasi metabolik.

Tak realistis untuk mengikuti diet tanpa gula untuk jangka waktu yang signifikan, jadi pendekatan terbaikmu adalah mengurangi kelebihan gula sebisa mungkin. Tukar makanan penutup manis dengan buah, kurangi pemanis dalam kopi Anda hingga setengahnya, dan tukar permen dengan kacang bertabur kakao.

Baca Juga: Gak Bikin Sembelit Kok Beauty, Ini Lho 8 Manfaat yang Didapat dari Sarapan Yogurt untuk Sistem Pencernaan! Jangan Kaget Lihat Hasilnya Ya!

Baca Juga: Sering Alami BAB Tak Lancar? Ini 3 Makanan Probiotik untuk Kesehatan Usus yang Harus Kamu Konsumsi Beauty, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.