Menu

Duh Ngeri... Terbiasa Bangun dari Tidur Malam di Jam Segini Ternyata Bisa Menandakan Risiko Penyakit Hati, Jangan Abai Ya Beauty!

09 Desember 2022 01:05 WIB
Duh Ngeri... Terbiasa Bangun dari Tidur Malam di Jam Segini Ternyata Bisa Menandakan Risiko Penyakit Hati, Jangan Abai Ya Beauty!

Ilustrasi penyakit perlemakan hati atau fatty liver (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, penyakit hati berlemak non-alkohol mengacu pada adanya sel lemak di dalam hati. Ini bisa menjadi masalah ketika keberadaan sel-sel lemak membatasi fungsi hati, menyebabkan penumpukan limbah beracun dalam tubuh.

Kamu mungkin tak dapat mengidentifikasi kondisinya pada tahap awal, namun tanda yang mengkhawatirkan saat tidur ini dapat mengindikasikan bahwa hatimu berisiko, lho, sebagaimana dikutip dari Times of India, Jumat (9/12/2022).

Menurut jurnal Nature and Science of Sleep, gangguan tidur adalah ciri umum dari jaringan parut hati.

Dr. Brian Lun, Spesialis Pengobatan Integratif dan Fungsional dan Chiropractor, Kansas City, menyarankan bahwa “penyebab paling umum untuk bangun antara jam 1 dan 4 pagi adalah masalah hati,” seperti dikutip oleh Express UK.

Bagaimana tidur dan hati terhubung?

Ritme sirkadian tubuh kita adalah jam internal utama kita, yang bekerja sesuai dengan jam eksternal – matahari terbit dan terbenam – untuk memastikan semua organ dan sistem biologis internal kita bekerja secara harmonis, efektif, dan efisien.

“Selama periode antara jam 1 dan 3 pagi hati bekerja paling keras untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh kita saat kita tidur,” Dr. Lun menjelaskan.

Jadi, jika hatimu lambat dan mandek karena penumpukan lemak selama waktu pembersihan hati (jam 1 dan 4 pagi), tubuh akan mencoba mengalokasikan lebih banyak energi untuk detoksifikasi dan memicu sistem sarafmu untuk bangun.

Baca Juga: Awas, 4 Gangguan Tidur yang Sering Terjadi pada Anak, Moms Harus Tahu!

Baca Juga: Waspada Beauty, Ini Sederet Tanda dan Gejala Awal yang Menandakan Kerusakan Hati Akibat Kebanyakan Minum Alkohol, Asli Efeknya Ngeri!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.