Moms, memanjakan anak perlu dilakukan, tapi dengan syarat enggak boleh berlebihan. Namun, tanpa sadar hingga saat ini, masih banyak orang tua yang kerap memanjakan anak melewati batas wajar. Alih-alih ingin membahagiakan anak dengan memenuhi semua permintaan dan kemauannya, tanpa sadar, hal ini bisa berdampak buruk dalam kehidupannya mendatang.

Anak yang tumbuh dengan sifat manja, selalu merasa ingin 'di-tuan putri-kan'. Hal ini akan membuatnya sulit tumbuh menjadi anak yang mandiri dan ingin hidup ini selalu mudah. Si kecil dengan sifat ini juga sulit keluar dari zona nyaman dan akan menyulitkan hidupnya saat dewasa nanti.

Banyak hal yang membuat anak tumbuh dengan sifat manja yang melekat pada dirinya, terutama karena kesalahan pola asuh. Untuk itu, penting halnya Moms menghindari mendidik anak yang membuatnya menjadi manja.

Menyadur dari laman apatagro.com.my, Rabu (25/11/2020), berikut lima kesalahan pola asuh yang menyebabkan anak menjadi manja.

Terlalu melindungi anak dari dunia nyata

Sudah menjadi tugas orang tua, melindugi anak dari hal yang berbahaya. Tapi, terlalu melindungi anak dan selalu menyelamatkan anak tiap kali ia melakukan kesalahan, bisa menjadi pemicu sifat manja pada dirinya.

Hal seperti ini biasanya kerap dilakukan oleh orang tua helikopter. Yang mana, terlalu mencegah anak untuk menjadi berani, mandiri, belajar dari kesalahan mereka, dan memecahkan masalahnya sendiri.

Pola asuh helikopter juga dapat memicu perilaku nakal pada anak dan memnggangu kemampuannya untuk berkembang setelah mengahadpi tantangan.

Baca Juga: Dear Moms, 5 Kebiasaan Orang Tua Ini Bikin Anak Susah Sukses, Apa Aja?