Menu

Cerita Sukses Agnes Yuliavitriani Bangun Platform Ayobantu.com: Dari Hobi Olahraga, Tawarkan Strategi Unik untuk Bantu Korban Bencana

12 Desember 2022 06:05 WIB
Cerita Sukses Agnes Yuliavitriani Bangun Platform Ayobantu.com: Dari Hobi Olahraga, Tawarkan Strategi Unik untuk Bantu Korban Bencana

Agnes Yuliavitriani, CEO Ayobantu.com. (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kita semua tahu bahwa yang namanya perubahan besar selalu dimulai dari langkah-langkah kecil yang konsisten. Seperti halnya membantu masyarakat, bisa dimulai dari ide dan niat tulus hingga akhirnya membawa kemaslahatan bagi orang banyak.

Hal tersebut dilakukan oleh Agnes Yuliavitriani, CEO platform donasi, Ayobantu.com. Berbekal niat baik untuk membantu lebih banyak orang, ia pun akhirnya membawa misi yang lebih besar lewat platform digital yang digagasnya tersebut.

Wanita yang karib disapa Agnes itu mengaku, awal ia mengembangkan Ayobantu.com itu terjadi di tahun 2020 lalu. Di mana, proses lahirnya Ayobantu.com sendiri tercetus dari gagasan para anggota komunitas olahraga Agnes dan teman-temannya.

"Sebenarnya sejak jadi mahasiswa dulu terbersit di pikiran pengen punya yayasan. Cuma selang waktu berlalu belum ada kesempatan nih bikin yayasan. Terus karena saya suka olahraga, dan olahraga ini ada komunitasnya, dimana banyak teman-teman saya peduli dan sering banget galang dana kumpulin donasi untuk tujuannya bantu sesama, hanya saja kendalanya ketika ada galang dana atau patungan, kita bingung menggunakan rekening siapa, karena dana ini bisa saja tercampur uang pribadi atau lainnya,” tutur Agnes dalam sesi wawancara khusus dengan HerStory belum lama ini.

“Berangkat dari situlah, lahirlah ide membuat platform digitak berbasis sosial yang tujuannya mempermudah komunitas untuk memberikan bantuan, Ayobantu.com. Jadi, awalnya pembentukan platform digital ini selain untuk memudahkan menggalang dana, juga memudahkan anggota komunitas untuk berdonasi juga, dan saat melaporkan hasil donasinya juga," sambung Agnes.

Agnes menjelaskan, Ayobantu.com memiliki visi untuk membangun masyarakat Indonesia dengan kasih dan kebersamaan. Sedangkan misi utamanya adalah mengajak masyarakat umum atau individu, badan usaha dan organisasi, atau siapapun untuk ikut serta dalam penggalangan dana bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. 

“Adapun, fokus donasi di Ayobantu.com terbagi ke dalam beberapa kategori, dengan 3 kategori donasi tertinggi, yaitu sosial, kesehatan, dan bencana alam,” ujar Agnes.

Saat awal menggagas Ayobantu.com, diakui Agnes, banyak kalimat bernada pesimistis yang terlontar padanya. Pasalnya saat itu, pandemi Covid baru saja melanda negeri ini. Meski demikian, kata Agnes, hal tersebut tak menyurutkan langkahnya. Meski di masa sulit, ia tetap optimistis solidaritas sesama warga tetap kuat. Hal itu terbukti dari banyaknya inisiatif yang dilakukan sesama rekan komunitas olahraganya.

"Iya ada teman saya yang nyeleluk 'kok pandemi malah buka platform galang dana, emang ada yang donasi, kan buat sendiri aja susah', begitu. Tapi ya saya cuek aja. Dan ada satu temen saya, yang lumayan gila ya, dia itu karena pandemi kan gak boleh olah raga di luar, dia campaign olah raga di rumah, sepedahan pake indoor cycling. Dan di situ dia bingung, kalau dia galang dana pake rekening pribadi dia harus ngurusin mutasinya sulit, akhirnya pake Ayobantu.com. Kita langsung gerak cepat, waktu itu dia galang dana untuk bantu tenaga kesehatan karena kekurangan masker, APD, dll," terang Agnes.

Baca Juga: Jadi Pegiat Lingkungan, Siska Nirmala Ajak Generasi Muda Terapkan Konsep Hidup Zero Waste Melalui Pilah Sampah

Baca Juga: 15 Tahun Berkiprah Jadi Pengajar Mode di Luar Negeri, Amanda Sotya Rusli Ungkap Solusi Jitu dalam Merintis Brand Fashion, Simak Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: