Melahirkan adalah saat yang menyenangkan. Moms akhirnya bisa bertemu dengan bayi yang telah tumbuh di dalam perut selama sembilan bulan terakhir.

Namun memiliki bayi juga bisa membebani tubuh si ibu, terutama jika kamu pernah menjalani persalinan caesar. kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih daripada setelah melahirkan secara normal melalui vagina.

Moms, berikut empat saran untuk mempercepat pemulihan caesar sehingga kamu dapat terjauhi dari rasa mudah lelah, dan lebih banyak waktu untuk menjalin ikatan dengan si buah hati, dilansir dari healtline.com.

1. Banyak istirahat

Operasi caesar adalah operasi besar. Sama seperti operasi lainnya, tubuhmu membutuhkan waktu untuk pulih setelahnya. Biasanya dibutuhkan tinggal di rumah sakit selama tiga hingga empat hari setelah melahirkan (lebih lama jika ada komplikasi), dan tubuhmu akan sembuh total dalam enam minggu. 

Kenyataannya, sulit untuk merangkak ke tempat tidur selama berjam-jam ketika memiliki bayi yang menuntut banyak perhatian.

Cobalah untuk tidur setiap kali bayimu tidur. Mintalah bantuan teman dan kerabat tersebut untuk mengganti popok dan pekerjaan rumah sehingga kamu bisa berbaring jika memungkinkan. Bahkan istirahat beberapa menit di sana-sini sepanjang hari dapat membantu.

2. Jaga tubuh baik-baik

Berhati-hatilah saat kamu sudah sembuh. Hindari naik dan turun tangga sebanyak biasanya. Simpan semua yang kamu butuhkan, seperti perlengkapan mengganti popok dan makanan, di dekatmu sehingga kamu enggak perlu terlalu sering bangun.

Jangan mengangkat apapun yang lebih berat dari beban bayimu. Mintalah bantuan dari pasangan atau teman atau anggota keluarga.

Kapanpun kamu harus bersin atau batuk, pegang perut untuk melindungi letak bekas operasi

Diperlukan waktu hingga delapan minggu untuk kembali ke rutinitas normal. Tanyakan kepada doktermu kapan boleh berolahraga, kembali bekerja, dan mengemudi.