Nama Raden Roro Ayu Maulida Putri kini tengah menjadi pusat perhatian setelah ia dinobatkan menjadi juara dalam ajang Puteri Indonesia 2020.

Mahkota Borobudur yang dihiasi batu mirah berwarna merah disematkan ke atas kepalanya,  lengkap dengan selendang kemenangan yang diberikan oleh Miss Universe 2019, Zozibni Tunzi.

Akrab disapa Ayuma, wanita yang mewakili provinsi Jawa Timur ini berhasil mengalahkan 39 finalis lainnya yang mewakili masing-masing provinsi di Indonesia.

Kemenangannya sebagai Puteri Indonesia, akan membawa Ayu Maulida untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020.

Baca Juga: Selamat! Raden Roro Ayu Maulida Putri Jadi Juara Puteri Indonesia 2020

Karir sebagai modeling

Mengutip dari laman wikipedia.org, Senin (9/3/2020), wanita kelahiran 11 Juli 1997 ini ternyata sejak kecil sudah memiliki impian sebagai seorang model profesional.

Meskipun latar belakang keluarganya enggak ada yang berprofesi sebagai model, tapi Ayuma berhasil membuktikannya dengan mengikuti ajang modeling sejak duduk dibangku sekolah dasar.

Diketahui, sewaktu Ayuma masih duduk dibangku kelas 5 SD ia pernah meraih Juara 2 Lomba Hijab Sanggarwati kala itu.

Tak sampai disitu, nyatanya anak kedua dari tiga bersaudara ini benar-benar menggeluti dunia fashion show hingga ia dewasa.

Maret 2019 lalu, Ayuma berpartisipasi dalam acara peragaan busana terkenal, Indonesia Fashion Week 2019. Berlenggak-lengggok memeragakan busana dari desainer ternama seperti Poppy Dharso, Agnes Budisurya, Danyjo Hiyoji, Barli Asmara, Misan, Tethuna, hingga Lia Latif membawanya mendapatkan penghargaan The Best Catwalk Female Model kala itu.

Juni 2019 lalu, ia bersama empat perwakilan Indonesia lainnya seperti Zian Alfin, Chealsea McKenzie, Joel Leo Pollock, dan Alfrida Alifia mengikuti kontes Asia Model Festival 2019

Pagelaran busana yang diadakan di Korea Selatan ini, ia berhasil meraih gelar Face of Asia dan mengungguli 79 peserta lain dari 27 negara.

Mengikuti sejumlah kontes kecantikan

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga 2015 lalu ini, juga pernah mengikuti sejumlah kontes kecantikan. Ayuma pernah mengikuti kontes tingkat Puteri Indonesia Jawa Timur 2017 lalu. Namun sayangnya ia gagal mendapatkan gelar kemenangan kala itu.

Tak putus asa, Ayuma pun kembali mengikuti ajang tersebut pada tahun 2020 dan ia pun berhasil memenangkan kontes tersebut.

Menyandang gelar Puteri Indonesia Jawa Timur 2020, Ayuma pun terpilih sebagai finalis dari Jawa Timur dalam kontes kecantikan Puteri Indonesia 2020.

Sampai ia pun Berhasil masuk ke babak Top 3 dan bersaing dengan dua finalis lainnya yaitu Putu Ayu Saraswati dari Bali dan Jihane Almira Chedid perwakilan Jawa Tengah.

Kerja kerasnya terbayar sudah, kini gelar Puteri Indonesia 2020 berhasil disandangnya dan akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020.

Kegiatan sosial

Tak hanya terjun dalam dunia Modeling, Ayuma ternyata mengikuti sebuah kegiatan sosial yang bernama Senyum Desa.

Dalam kegiatan tersebut, Ayuma melakukan kegiatan mengajar di pelosok desa, mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat, serta memberikan pelatihan kewirausahaan untuk penduduk setempat. 

Ucapan selamat dari Khofifah dan Emil Dardak

Berhasil mengharumkan nama Provinsi Jawa Timur, Ayuma juga mendapatkan ucapan selamat dari Khofifah dan Emil Dardak.

Sebagai Gubernur Jawa Timur, Khofifah mengaku turut bangga atas pencapaian Ayuma dan menjadi kabar gembira untuk semua warga Jawa Timur.

"Selamat dan sukses untuk anugerah ini. Semoga dapat lebih berprestasi lagi di ajang Internasional dan mengharumkan nama Jawa Timur dan Indonesia," tulis Khofifah di laman Instagramnya.

Begitu pun dengan Wakil Gubernur Emil Dardak. Ia pun mengucapkan selamat kepada Ayuma dan menilai perjuangannya sebagai motivasi bagi masyarakat, khususnya Jawa Timur.

"Alhamdulillah, suatu kebanggann bagi Jawa Timur, @ayumaulida97 memenangkan Puteri Indonesia 2020. Yang membuat tambah salut, Ayu pernah hampir memenangkan Puteri Indonesia Jawa Timur beberapa tahun lalu dan meraih runner up. Namun tahun ini Ayu berjuang kembali dan berhasil memenangkan Puteri Indonesia Jatim, bahkan malam ini memenangkan Puteri Indonesia. Semoga menjadi motifasi bagi kita semua. Sukses dan selamat untuk Raden Roro Ayu Maulida," tulis Emil. 

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.