Kontes Kecantikan bergengsi, Puteri Indonesia 2020 baru saja usai. Raden Roro Ayu Maulida Putri, finalis asal Jawa Timur, berhasil menyandang gelar juara dan akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020.

Tak hanya Ayuma yang menjadi sorotan publik atas kemenangan yang diraihnya, Kalista Iskandar finalis perwakilan Sumatera Barat juga mendadak heboh diperbincangkan.

Pasalnya, dalam momen malam Grand Finalis Puteri Indonesia 2020, Jumat (6/3/2020) lalu, ia sempat salah menjabarkan isi Pancasila. Kala itu, Kalista masuk di babak enam besar.

Ia pun diberi pertanyaan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo yang kala itu menjadi dewan juri. Pertanyaan mengenai Pancasila tersebut, terbilang berbeda dan tak terduga. Kalista pun gugup hingga salah menyebutkan bulir Pancasila.

Dalam video yang beredar, Kalista tampak salah menyebutkan bulir sila ke-4 dan juga ke-5.

"Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan, dalam permusyawaratan per.. masyarakat, perwakilan," ujar Kalista dengann sedikit terbata-bata.

"Lima, kemanusiaan yang adil dan beradab," tambahnya.

Setelah momen tersebut, nama Klaista pun menjadi ramai diperbincangkan. Banyak yang mengkritik finalis asal Sumatera Barat ini. Meski begitu, ternyata ada pula sejumlah tokoh dan artis yang justru membelanya.

Siapa saja dia? Merangkum dari berbagai sumber, Senin (9/3/2020), berikut  tiga di antaranya:

Baca Juga: Mengenal Sosok Ayu Maulida Putri, Penyandang Gelar Puteri Indonesia 2020

Najwa Shihab

Najwa Shihab, mantan penyiar salah satu televisi swasta ini menilai kalau Kalista gugup. Pembelaan itu pun ia tuai dalam unggahan di laman Instagramnya, @najwashihab.

Dalam unggahan tersebut, terlihat putri kedua Quraish Shihab ini memajang kolase potret dirinya, Bambang Soesatyo, dan Kalista Iskandar.

Najwa pun berbagi kisahnya yang juga pernah salah ucap kala pertama melakukan siaran langsung. Najwa merasa gugup hingga salah menyebut namanya sendiri,  karena itu pertama kalinya ia muncul di layar televisi.

"Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain," tulisnya.

Ternyata momen salah ucapnya tak hanya sampai disitu. Najwa pernah salah menyebut nama Kota Calang menjadi Calung. Saat itu, ia tengah ditugasi meliput bencana tsunami di Aceh dan melakukan siaran langsung di sana.

"Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi,"tambahnya.

Najwa memahami rasa gugup yang juga dialami Kalista Iskandar. Dalam waktu 30 detik ia harus menjawab pertanyaan dari Bambang Soesatyo, belum lagi riuhnya suara penonton malam itu.

"Ketua MPR Bambang Soesatyo tadi malam mengajukan pertanyaan hafalan itu, juga pernah ada di situasi yang hampir mirip. Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali. We all humans after all #Catatan Najwa, " pungkasnya.

View this post on Instagram

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on Mar 6, 2020 at 10:09pm PST

Sarah Sechan

Begitu pun dengan Sarah Sechan. Presenter kondang ini, juga turut buka suara mengenai Kalista Iskandar yang tak hapal Pancasila.

Lewat unggahan di laman Instagramnya, @sarsehoku, ia bertanya kepada warganet seberapa penting hafal Pancasila dan lebih penting mana untuk menerapkannya?

"Seberapa penting "hafal Pancasila"? Lebih penting mana; penerapan atau hafalan? SEkolah jaman sekarang berbeda dengan sekolah saya dulu. Waktu SD yang seumuran dengan saya pasti ingat dan paham betul sekolah lebih banyak menghafal," tulisnya.

Sarah pun berkaca dengan masa lalu, di mana semasa sekolah dulu ia lebih banyak menghapal ketimbang cara pembelajaran zaman sekarang. 

Sarah menilai, kalau saat ini penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari itu lebih penting ketimbang menghapalnya. 

"Kalau sekarang saya tanya Rajata tentang Pancasila, bisa jadi dia juga gak hafal. Tapi apakah dia paham betul Tuhan hanya satu dan Tuhan mengajarkan semua agama tentang kebaikan? I hope so...," tambahnya.

View this post on Instagram

A post shared by Sarah Sechan (@sarsehshoku) on Mar 6, 2020 at 10:39pm PST

Luna Maya

Luna juga ikut buka suara dalam kolom komentar unggahan Najwa Shihab. Ternya ia juga memiliki pengalaman yang serupa perihal salah ucap. kala itu, Luna tengah menjadi pembawa acara dan disiarkan langsung. Ia salah menyebut bintang tamu yang diundang hingga dua kali.

"@najwashihab tahun lalu siaran langsung, salah sebut kpop band NCT ke NTC bahkan sampe 2x, we are only human... thank you for sharing,"tulis mantan Ariel Noah ini.