Menu

Diabetesi Harus Tahu! Ini 3 Beras Terbaik yang Bisa Cegah Lonjakan Gula Darah, Buruan Ganti Nasimu!

03 Januari 2023 10:00 WIB
Diabetesi Harus Tahu! Ini 3 Beras Terbaik yang Bisa Cegah Lonjakan Gula Darah, Buruan Ganti Nasimu!

Ilustrasi diet nasi. (Freepik/KamranAydinov)

HerStory, Jakarta —

Nasi putih yang dikonsumsi sehari-hari mengandung tinggi karbohidrat. Dalam satu cangkir nasi putih mengandung 53,4 gram karbohidrat.

Enggak hanya itu, nasi putih memiliki skor indeks glikemik yang tinggi. Artinya, nasi putih bisa memengaruhi kadar gula darah secara signifikan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Melansir dari berbagai sumber (3/1/2022), berikut ini beberapa beras terbaik untuk menggantikan nasi putih. Beras ini dapat mencegah lonjakan kadar gula darah. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Beras merah

Beras merah memiliki manfaat yang cukup baik untuk penderita diabetes. Bukan karena kandungannya yang rendah karbohidrat, tapi kandungan seratnya berlimpah.

Mengutip dari Medical News Today, sebuah studi pada 2012 mengungkap bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi nasi merah per minggu memiliki risiko diabetes tipe 2 11 persen lebih rendah daripada orang yang jarang makan nasi.

Oleh karena itu, para peneliti menyimpulkan bahwa makan nasi merah dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, terutama jika beralih dari nasi putih ke nasi merah.

Baca Juga: Diabetesi Merapat! Ini Alasan Penderita Diabetes Sering Pusing Tiba-tiba, Simak Juga Cara Mengatasinya Nih...

Baca Juga: Bisa Berpengaruh pada Penglihatan, Ini 4 Tanda Seseorang Mengidap Diabetes yang Gak Banyak Diketahui, Intip Yuk Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.