Menu

Gak Melulu Baik, 3 Sayuran yang ‘Haram’ Bagi Penderita Diabetes, Hindari Ya Beauty!

03 Januari 2023 16:55 WIB
Gak Melulu Baik, 3 Sayuran yang ‘Haram’ Bagi Penderita Diabetes, Hindari Ya Beauty!

Ilustrasi jagung rebus (Pixabay/ulleo)

HerStory, Jakarta —

Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan guna mencegah lonjakan kadar diabetes secara tiba-tiba. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sebab meningkatkan kadar gula darah dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi diabetes.

Nah, berikut HerStory rangkum beberapa sayuran yang sebaiknya dibatasi atau dihindari oleh penderita diabetes.

1. Jagung

Jangun merupakan sayuran dengan kandungan karbohidrat yang tinggi namun serat di dalamnya sangat sedikit. Padahal serat sangat berguna untuk memperlambat penyerapan hula dari makanan serta mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. 

Selain itu, indeks glikemik jagung juga sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Sebaiknya penderita diabetes menghindari sayuran yang satu ini, ya.

2. Kacang polong

Kacang polong sebenarnya memiliki serat yang baik, namun kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Apalagi kacang polong kalengan biasanya sudah mengandung zat natrium tambahan di dalamnya. Asupan garam yang terlalu tinggi dapat menyebabkan hipertensi dan komplikasi diabetes.

Baca Juga: Bisa Berpengaruh pada Penglihatan, Ini 4 Tanda Seseorang Mengidap Diabetes yang Gak Banyak Diketahui, Intip Yuk Moms!

Baca Juga: Waduh.. Ternyata Indikasi Diabetes Bisa Terlihat dari Kuku, Ini 3 Tanda yang Harus diperhatikan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.