Menu

Gawat, 3 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Ginjal Rusak, Penyakit Kronis Bakal Mengintaimu!

04 Januari 2023 10:00 WIB
Gawat, 3 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Ginjal Rusak, Penyakit Kronis Bakal Mengintaimu!

Ilustrasi Ginjal. (Unsplash/Robina Weermeijer)

HerStory, Jakarta —

Ginjal memiliki berbagai fungsi penting bagi tubuh, seperti menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menghasilkan hormon untuk produksi sel darah merah.

Untuk itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan ginjal. Jika kamu enggak menjaganya, maka beragam penyakit kronis bisa mengintai.

Melansir dari berbagai sumber (4/1/2023), ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang harus segera kamu hindari demi menjaga kesehatan ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

Gak memenuhi kebutuhan cairan

Mengutip dari laman Healthline, air dapat membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal, sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Asupan air yang cukup akan membuat kesehatan ginjal tetap terjaga. Orang dengan riwayat batu ginjal harus minum lebih banyak air untuk membantu mecegah lebih banyak timbunan batu kristal.

Gak mengonsumsi makanan sehat

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Pola makan sehat yang rendah natrium, daging olahan, dan makanan perusak ginjal lainnya dapat membantu mengurangi risiko kerusakan.

Baca Juga: Oh Ternyata... Sederet Buah-buahan Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Ginjal, Cusss Makan Jangan Sampai Nyesel Belakangan!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Ampuh Sehatkan Ginjal Lho, Jangan Sampai Dilewatkan Ya Moms! Sayang...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.