Menu

Musim Hujan Bikin Rebahan Terus, Waspadai 5 Dampak Buruk Ini!

04 Januari 2023 11:15 WIB
Musim Hujan Bikin Rebahan Terus, Waspadai 5 Dampak Buruk Ini!

Ilustrasi tertidur dengan posisi duduk. (Freepik/diana.grytsku)

HerStory, Bandung —

Musim hujan masih terus mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Gak heran, suasana ini bikin banyak orang merasa gak bersemangat hingga dampaknya bikin rebahan seharian. Ternyata terlalu sering rebahan itu gak baik, lho. Kira-kira dampak buruk apa yang akan terjadi jika terlalu sering rebahan? Simak artikel berikut ini!

Fungsi Otak Menurun

Dampak buruk pertama yang mungkin terjadi adalah menurunnya fungsi otak. Kebiasaan malas gerak cenderung membuat tubuh mengalami berbagai gangguan fungsi kognitif dalam jangka panjang. 

Pasalnya, aktivitas fisik juga mampu merangsang aliran darah yang penuh oksigen menuju otak serta memperbaiki sel dan jaringan otak yang mulai rusak.

Hilang Fokus

Ketika rebahan dalam posisi tengkurap paru-paru akan terhimpit. Ini membuat tubuh menerima kadar oksigen yang lebih sedikit dan membuat sirkulasi udara pada tubuh juga terganggu. Kurangnya oksigen yang diterima otak bisa menyebabkan sulit berkonsentrasi.

Diabetes

Menghabiskan banyak waktu dengan tiduran juga bisa menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah sehingga peluang terserang diabetes meningkat lho. Terlebih, jika kamu suka menikmati camilan sambil rebahan. 

Obesitas

Berdiam diri di rumah memang membuat kita jadi kurang memiliki aktivitas fisik yang cukup. Ini bisa menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan. Kurangnya aktivitas yang membuat tubuh bergerak membuat kita dapat mengalami obesitas ketika di rumah saja.

Baca Juga: Hobi Rebahan di Lantai? Kebiasaan Buruk Ini Bisa Picu Penyakit Mematikan Lho Moms, Waduh... Mulai Sekarang Stop Ya!

Baca Juga: Kaum Rebahan Wajib Tahu! Ini 5 Bahaya yang Terjadi Jika Terlalu Sering Tiduran

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.