Menu

Nah Lho, Studi Ungkap Golongan Darah Ini Lebih Rentan Kena Stroke sebelum Usia 60 Tahun, Kok Bisa Ya?

05 Januari 2023 05:42 WIB
Nah Lho, Studi Ungkap Golongan Darah Ini Lebih Rentan Kena Stroke sebelum Usia 60 Tahun, Kok Bisa Ya?

Ilustrasi wanita yang mengalami sakit jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, menurut sebuah penelitian baru, golongan darah ternyata dapat memprediksi apakah kita berisiko terkena stroke dini, lho!

Ya, ketika stroke iskemik terjadi, suplai darah ke bagian otak terganggu atau berkurang, yang mencegah jaringan otak mendapatkan oksigen dan nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan sel-sel otak mati dalam hitungan menit.

Temuan ini dapat membantu mengembangkan cara baru untuk memprediksi dan mencegah stroke pada orang dewasa muda. Temuan makalah ini dipublikasikan di Neurologi.

Apa itu golongan darah?

Golongan darah sendiri mengacu pada klasifikasi darah berdasarkan ada dan tidak adanya berbagai bahan kimia, seperti antibodi dan zat antigenik yang diwariskan, pada permukaan sel darah merah.

Ada 4 golongan darah utama, yaitu A, B, AB dan O. Golongan darah seseorang ditentukan oleh gen yang diwarisi dari orang tuanya.

Tentang penelitian

Para peneliti meninjau 48 studi tentang genetika dan stroke iskemik dari Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Ini termasuk 16.927 orang dengan stroke dan 576.353 orang yang tidak terkena stroke.

Dari mereka yang menderita stroke, 5.825 orang mengalami stroke serangan dini, yang didefinisikan sebagai stroke iskemik yang terjadi sebelum usia 60 tahun. 9.269 orang mengalami stroke serangan lambat – terjadi ketika pasien berusia lebih dari 60 tahun.

Baca Juga: Jadi Teman Terburuk, Golongan Darah yang Paling Gak Bisa Diandalkan

Baca Juga: Urutan Golongan Darah yang Paling Rentan Kena Stroke Sedini Mungkin, Duh Harus Waspada Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.