Menu

Belum Ada Obatnya, Waspadai 4 Penyakit Langka yang Bisa Menyerang Anak-anak

05 Januari 2023 13:15 WIB
Belum Ada Obatnya, Waspadai 4 Penyakit Langka yang Bisa Menyerang Anak-anak

Ilustrasi dokter sedang memeriksa bayi yang sakit. (Freepik/rawpixel.com)

HerStory, Bandung —

Kesehatan menjadi salah satu aspek penting yang selalu diperhatikan orang tua kepada anak-anaknya. Namun, ternyata menurut International Children's Palliative Care Network, ada penyakit langka yang justru hanya meyerang anak-anak. Kira-kira apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini, Moms!

1. Sindrom CANDLE

Chronic Atypical Neutrophilic Dermatosis with Lipodystrophy and Elevated Temperature Syndrome atau sindrom CANDLE merupakan penyakit peradangan yang langka. Sindrom ini merupakan penyakit genetik yang diturunkan.

Si kecil akan mengalami demam secara berulang saat masih bayi. Tumbuh kembangnya juga tertunda, muncul ruam di kulit, kelopak mata membengkak, serta bentuk wajahnya unik seperti bibir yang tebal. Selain itu, kondisi ini juga membuat jari tangan dan kaki buah hati membesar dan bengkok secara bertahap.

2. Sindrom Ehlers-Danlos

Sindrom Ehlers-Danlos tergolong sebagai kelainan genetik yang memiliki ciri umum, seperti mudah memar, hypermobility sendiri, kulit meregang, dan jaringan otot lemah. Kondisi ini memengaruhi sistem saraf otonom yang berfungsi untuk bernapas dan buang air kecil.

3. Batten

Batten merupakan penyakit yang biasanya menyerang anak mulai usia lima sampai 10 tahun. Penyakit langka ini disebabkan oleh kelainan pada sistem saraf yang ditandai dengan hilangnya penglihatan hingga kejang. 

Semakin lama, anak akan kehilangan kemampuan untuk mengontrol otot serta ada gangguan pada jaringan otak. Kondisi inilah yang menyebabkan si kecil mengalami demensia. Untuk saat ini, belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit langka ini.

Baca Juga: Anak Susah Makan Buah? Ini Risiko yang Mengintai si Kecil dan Solusi yang Bisa Dilakukan, Catat Ya Moms!

Baca Juga: Setop Moms! Bisa Picu Kerusakan Otak, Ini Bahaya Ciki Ngebul Jajanan Anak Kekinian!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.