Menu

Sering Gak Disadari, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gula Darah Melonjak, Penyakit Kencing Manis Mengintaimu!

06 Januari 2023 10:00 WIB
Sering Gak Disadari, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gula Darah Melonjak, Penyakit Kencing Manis Mengintaimu!

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Diabetes melitus atau kencing manis ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa memicu munculnya masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya.

Gula yang berada di dalam darah seharusnya diserap oleh sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Jika ada gangguan pada insulin, seseorang berisiko tinggi mengalami diabetes atau kencing manis.

Mengutip dari berbagai sumber (6/1/2023), ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi pemicu lonjaknya kadar gula darah. Sudah tahu belum?

Berikut ini beberapa kebiasaan yang sering diabaikan padahal bisa jadi pemicu kencing manis. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Malas gerak

Malas bergerak alias mager bisa memicu penyakit kencing manis. Untuk itu, ahli menyarankan untuk mulai bergerak karena aktivitas apa pun bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan memperlambat perkembangan diabetes.

Muulailah bergerak dari hal-hal kecil, seperti berjalan kaki di pagi hari, berjalan setelah makan ketimbang menghabiskan makanan penutup, atau dengan mengajak hewan peliharaan jalan-jalan.

Terlalu banyak makan gula

Konsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula bisa meningkatkan risiko diabetes. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan melakukan diet yang enggak membebani suplai insulin.

Baca Juga: Gak Cuma Harus Hindari Gula, Ini 3 Kebiasaan yang Ampuh Cegah Diabetes, Coba Dibiasakan Ya!

Baca Juga: Salah Satunya Menstruasi Gak Normal, Ini 3 Tanda Diabetes yang Selalu Menyerang Wanita, Please Jangan Disepelekan Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.