Menu

Sering Mendengkur saat Tidur Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung, Mitos atau Fakta?

09 Januari 2023 11:10 WIB
Sering Mendengkur saat Tidur Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi tidur tanpa mengenakan baju. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Bandung —

Kebiasaan mendengkur sering dianggap bukanlah gejala suatu penyakit pada tubuh. Sering kali mendengkur dianggap sebagai akibat dari kelelahan saja. Padahal, mendengkur juga bisa jadi indikasi kesehatan seseorang. Misal, adanya penyumbatan pada hidung atau saluran pernapasan akibat alergi atau sinusitis. 

Selain itu, mendengkur juga sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Kira-kira mitos atau fakta, ya? Yuk, simak artikel berikut ini!

Hubungan Mendengkur dan Penyakit Jantung

Mendengkur saat tidur ternyata bisa jadi prediksi terjadinya serangan jantung lho Moms. Inilah alasan mengapa kalau terdapat anggota keluarga yang mendengkur saat tidur, sebaiknya awasi dulu alih-alih langsung dibangunkan dan disuruh pindah tempat tidur.

Kalau salah langkah, bisa-bisa malah memicu penyakit jantung. Dengkuran yang melibatkan napas saat tidur bisa berakibat buruk bagi tubuh. Ini dinamakan dengan Obsturctive Sleep Apnea (OSA).

Apa Itu Sleep Apnea?

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tertidur.

Sleep apnea sendiri bisa membuat seseorang terkena penyakit jantung dan stroke dalam waktu yang lama lho. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang terkena sleep apnea memiliki kenaikan risiko terkena serangan jantung lebih tinggi 40% dibanding dengan orang yang tidurnya nyenyak atau tanpa mendengkur.

Baca Juga: Sering Mendengkur saat Tidur Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung, Benar Gak Ya?

Baca Juga: Ngeri... Studi Baru Ungkap Orang yang Suka Mendengkur Lebih Mungkin Terkena Kanker, Waspada Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.