Menu

Haechan NCT Diduga Alami Palpitasi Jantung, Ini Penjelasan dan Cara Pencegahannya!

09 Januari 2023 14:15 WIB
Haechan NCT Diduga Alami Palpitasi Jantung, Ini Penjelasan dan Cara Pencegahannya!

Haechan member NCT (allkpop/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Anggota grup Korea Selatan NCT, Haechan dikabarkan akan absen dari kegiatan grupnya karena alami palpitasi jantung. Hal ini dikatakan oleh SM Entertainment selaku agensi NCT bahwa palpitasi jantung membuat Haechan harus mengunjungi rumah sakit bersama manajer untuk pemeriksaan dan konsultasi.

Selain itu, staf medis pun menyarankan agar Haechan menerima perawatan dan beristirahat untuk memulihkan diri. Lalu, apa itu palpitasi jantung yang dialami Haechan?

Apa Itu Palpitasi Jantung?

Palpitasi jantung adalah kondisi saat detakan atau debaran jantung lebih terasa dari biasanya. Seseorang yang mengalami palpitasi jantung bisa merasakan jantung berdetak lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Debaran bukan hanya terasa di dada, melainkan terasa pula di leher atau tenggorokan.

Palpitasi jantung juga bisa terjadi kapan saja, baik saat sedang beristirahat maupun beraktivitas normal. Meski mengejutkan, palpitasi jantung biasanya tidak berbahaya. Namun, kondisi ini sering dikaitkan dengan irama jantung tidak normal (aritmia) yang memerlukan perawatan medis.

Biasanya, kondisi palpitasi jantung tidak berlangsung lama dan hanya bertahan selama beberapa detik atau menit. Namun, jantung berdebar bisa juga bertahan lebih lama. Penyebab palpitasi jantung umumnya meliputi:

- Latihan berat 

- Kurang tidur 

- Stres dan kecemasan 

- Obat-obatan 

- Alkohol, kafein, nikotin, dan narkoba 

- Pertanda mengalami menopause atau kehamilan 

- Anemia defisiensi besi 

- Hipertiroid 

- Aritmia 

- Masalah kesehatan pada jantung

Baca Juga: Haechan NCT Idap Palpitasi Jantung, Kenali Yuk Penyakit Sang Idol K-Pop! Apa Sih Penyebabnya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.