Menu

Amankah Konsumsi Obat Herbal untuk Atasi Gangguan Haid? Yuk Simak Penjelasan Dokter Ahli Ini Beauty!

09 Januari 2023 15:05 WIB
Amankah Konsumsi Obat Herbal untuk Atasi Gangguan Haid? Yuk Simak Penjelasan Dokter Ahli Ini Beauty!

Ilustrasi wanita saat merasakan nyeri menstruasi. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Beauty, gangguan haid atau gangguan menstruasi bisa terjadi pada setiap wanita. Gangguan haid ini juga sangat bervariasi dan muncul dengan penyebab yang berbeda-beda. 

Gangguan haid ini dapat terjadi karena berbagai penyebab, di antaranya kelainan hormon, polycystic ovary syndrome (PCOS), fibroid rahim, penyakit inflamasi pinggul, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kamu sudah mengetahui memiliki gangguan haid dan siklus haid gak teratur selama beberapa bulan, maka perlu melakukan konsultasi dengan dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Namun, masih banyak orang yang lebih memilih konsumsi obat herbal untuk mengatasi gangguan haid. Lantas, apakah hal tersebut aman?

Kepada HerStory, Dokter Spesialis Obgyn di Klinik Bayi Tabung Mbrio, Dr. dr. Liva Wijaya, SpOG., menjelaskan bahwa obat herbal belum tentu bisa mengatasi masalah gangguan haid yang terjadi.

"Pertama, kita enggak tahu kandungan obat herbal itu apa saja, apakah itu benar-benar bisa membantu mengatasi atau malah merusak tubuh kita. Nah, kan harus berpikir panjang," ungkap dr. Liva.

Baca Juga: Ampuh Atasi Sakit Perut Melilit Gegara Menstruasi, Ini 4 Manfaat Campuran Teh dan Madu yang Wajib Kamu Coba!

Baca Juga: Musim Hujan Bikin si Kecil Batuk, Ini 4 Obat Alami untuk Anak yang Ampuh dan Mudah Dicari, Cobain Deh Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.