Menu

Waspada Si Kecil Alami Ruam Popok Saat Musim Hujan Moms! Begini Cara Menghindarinya, Catat Ya!

11 Januari 2023 23:50 WIB
Waspada Si Kecil Alami Ruam Popok Saat Musim Hujan Moms! Begini Cara Menghindarinya, Catat Ya!

Anak sedang memakai popok. (Pexels/Polina Tankilevitch)

HerStory, Jakarta —

Moms, musim hujan seperti sekarang ini bisa memicu si kecil mengalami ruam popok lho. Pasalnya, si kecil akan lebih sering buang air kecil. Seperti diketahui, total volume air dalam tubuh si Kecil di tahun pertamanya sebanyak 65-80 persen dari berat badannya.

Nah, di musim hujan, jumlah cairan tubuh akan sedikit lebih banyak, karena umumnya jarang berkeringat akibat udara yang sejuk atau dingin. Kebiasaan buang air kecil pada musim hujan yang sering terjadi pada bayi disebut sebagai diuresis.

Kondisi diuresis terjadi karena ginjal terlalu banyak menyaring cairan dan memproduksi urin. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), normalnya jumlah urine pada bayi newborn hingga usia 5 bulan adalah 60-450ml dengan frekuensi 20 kali dalam sehari. Jumlah ini bisa bertambah di musim hujan lho, Moms.

Dokter Spesialis Anak dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, mengatakan, frekuensi buang air kecil yang bertambah dapat berpotensi menyebabkan kebocoran pada popok Si Kecil sehingga kulitnya dapat terkontaminasi oleh fases dan urine.

"Perubahan pH kulit akibat kontak langsung dengan fases dan urine inilah yang dapat menyebabkan ruam popok," jelas Dokter Andreas.

Lantas, bagaiman cara mengatasi ruam popok pada si kecil saat musim hujan? Moms wajib tahu nih! Intip yuk!

Baca Juga: Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ini 3 Vitamin yang Perlu Dikonsumsi, Buruan Cek!

Baca Juga: Buaran Stok di Rumah Moms! 4 Buah yang Paling Ampuh Perkuat Imun saat Musim Hujan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.