Menu

Sering Dilakukan, Ini 3 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Kolesterol Naik, Cek Yuk! Ada yang Sering Kamu Lakukan?

12 Januari 2023 23:19 WIB
Sering Dilakukan, Ini 3 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Kolesterol Naik, Cek Yuk! Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Ilustrasi wanita mengalami sakit leher (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi sering dijuluki sebagai penyakit yang hanya bisa menimpa orang tua atau orang gemuk. Padahal, kolesterol tinggi juga bisa dialami orang yang berusia muda dan bertubuh kurus.

Penting bagi kamu mengetahui apa saja penyebab kolesterol naik untuk mengetahui seberapa besar risiko, juga sekaligus menghindari risiko komplikasinya di kemudian hari. Apa saja?

1. Malas bergerak

Jika kamu pegawai kantoran yang menghabiskan waktu untuk duduk diam di depan komputer selama berjam-jam. Ya, kurang aktif bergerak dan malas berolahraga bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol meningkat.

Apalagi jika hal ini didukung dengan pilihan makanan yang tidak sehat dan kaya akan lemak. Pasalnya, tumpukan lemak akan terus mengendap di dalam pembuluh darah dan tidak terbakar melalui aktivitas fisik seperti olahraga.

2. Konsumsi makanan kaya lemak jenuh berlebih

Mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan lemak trans memang dapat meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh. Masalahnya, makin tinggi kadar lemak dalam tubuh, makin tinggi pula potensi kamu mengalami kolesterol tinggi.

Lemak jenuh memang mudah ditemukan pada makanan. Kamu bisa menemukannya pada daging sapi, daging domba, mentega, krim, dan keju yang terbuat dari 2 persen susu.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ini 3 Gajala Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kuku, Cek Sekarang Moms!

Baca Juga: Gampang Didapat dan Bisa Diracik Sendiri, Ini 4 Daun 'Sakti' yang Ampuh Hempaskan Kolesterol Tinggi, Buruan Konsumsi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari