Menu

Bisa Jadi Ide Kuliner Akhir Pekan, Ini 5 Makanan Khas Nusantara yang Gak Boleh Dilewatkan! Nomor 2 Lezat Banget!

13 Januari 2023 05:30 WIB
Bisa Jadi Ide Kuliner Akhir Pekan, Ini 5 Makanan Khas Nusantara yang Gak Boleh Dilewatkan! Nomor 2 Lezat Banget!

Soto Babat (Sumber/detikFood)

HerStory, Jakarta —

Makanan adalah salah satu hal yang bisa membuat banyak orang bahagia. Buktinya, salah satu cara melepas penat bagi beberapa orang adalah dengan berwisata menikmati kuliner yang belum pernah mereka coba.

Apalagi, Indonesia dikenal dengan beragam kuliner nusantara dari berbagai daerah yang wajib banget dicoba oleh para pecinta kuliner.

Menurut penelitian dari pakar kuliner senior Prof. Dr Ir Murdijati Gardjito, pada tahun 2019 terdapat 3.259 hidangan khas Indonesia. Daftar itu diperkirakan akan terus bertambah karena data yang ada saat ini terhanya hanya berisi makanan khas dari setiap provinsi yang memiliki nama, belum termasuk makanan khas di daerah terpencil serta kuliner yang baru tercipta.

Setiap hidangan tersebut tentunya memiliki cita rasa yang khas, walaupun mungkin namanya sama. Misalnya soto betawi, soto banjar, dan lainnya.

Bila bingung menentukan makanan apa yang harus dicicipi saat berwisata kuliner, rekomendasi RedDoorz dilansir dari laman sindikasi konten Suara.com berikut ini bisa juga jadi pertimbangan Beauty!

1. Pindang Gombyang Ikan Manyung asal Indramayu, Jawa Barat

Walau lebih dikenal sebagai daerah penghasil mangga, Indramayu juga memiliki hidangan khas yang wajib dicoba, lho Beauty! Saat berkunjung ke Indramayu, bisa mencicipi Pindang Gombyang, kuliner dengan bahan utama kepala ikan manyung yang kemudian dimasak menggunakan bumbu kuning. Rasanya yang asam manis dan gurih dari kuah Pindang Gombyang serta kelembutan tekstur daging kepala ikan manyung menjadi rasa yang akan dirindukan para wisatawan ketika berkunjung.

2. Cakalang Fufu asal Tomohon, Sulawesi Utara

Kota yang dikelilingi tujuh gunung, tujuh air terjun serta tujuh danau ini, selain dikelilingi pemandangan yang indah juga memiliki hidangan khas yang unik. Salah satunya, Cakalang Fufu yang memanfaatkan ikan cakalang sebagai bahan utama yang dimasak di atas asap dehingga berubah warna menjadi sedikit kehitaman. Dengan Cakalang Fufu yang dikeringkan saat diasap, ikan itu dapat dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama. Sehingga juga cocok dijadikan oleh-oleh dan diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti cakalang fufu sambal roa suwir maupun mie kuah. 

Baca Juga: Akhir Pekan Makin Seru, Ini 5 Variasi Topping Roti Tawar untuk Sarapan Moms! Di Kecil Pasti Doyan Deh...

Baca Juga: Hubungan Suami Istri Makin Harmonis, Ini 5 Ide Quality Time Bareng Pasangan di Akhir Pekan! Nomor 5 Healing Banget!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza