Menu

Terapi Transplantasi Ginjal Dinilai Lebih Unggul, Begini Prosedur yang Dilakukan...

13 Januari 2023 10:15 WIB
Terapi Transplantasi Ginjal Dinilai Lebih Unggul, Begini Prosedur yang Dilakukan...

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/cfnewstoday)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat ini, penyakit gagal ginjal kronik menjadi masalah serius yang perlu segera ditanggulangi di Indonesia. Angka kejadiannya meningkat dari 0,2% pada 2013 menjadi 0,38% pada 2018.

Gagal ginjal kronik juga menjadi salah satu penyakit yang memerlukan biaya besar, sehingga harus segera diutamakan penyelesaiannya oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Penyakit Gagal Ginjal Kronik (GGK) merupakan salah satu dari penyakit yang menyerap dana besar pada pembiayaan kesehatan pemerintah melalui BPJS, sehingga menjadi penyakit yang diutamakan penyelesaiannya oleh Kemenkes RI," ujar Dr. dr. Nur Rasyid, Sp.U (K)., selaku Ketua ASRI Urology Center (AUC) dalam konferensi pers Layanan Unggulan Transplantasi Ginjal RS Siloam ASRI, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Dikatakan dr. Nur Rasyid, penyakit gagal ginjal kronik yang enggak bisa diatasi dengan pengobatan dan diet rendah protein akan memerlukan pengobatan pengganti ginjal, yaitu dialisis atau transplantasi ginjal.

Baca Juga: Waspada! Kenali 4 Gejala Awal Penyakit Ginjal, Salah Satunya Bengkak di Bagian Tubuh..

Baca Juga: Duh Ngeri... Ini 5 Tanda Ginjal Rusak pada Wanita, Beauty Wajib Waspada Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: