Menu

Duh Hati-hati! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kita Cepat Pikun!

13 Januari 2023 15:40 WIB
Duh Hati-hati! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kita Cepat Pikun!

Ilustrasi pikun di usia muda (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bandung —

Terdiri dari berbagai saraf yang kompleks, otak manusia memiliki kemampuan untuk dapat mengingat banyak kejadian. Namun, nyatanya, tak semua manusia memiliki daya ingat yang tajam.

Ada beberapa orang yang cepat lupa atau pikun. Nah, ternyata daya ingat yang lemah ini bisa dipicu oleh kebiasaan buruk lho. Kira-kira kebiasaan apa saja yang memicu pikun, ya? Yuk, simak terus artikel berikut ini!

1. Melupakan Nutrisi untuk Otak 

Tak hanya tubuh, otak juga butuh asupan nutrisi agar tetap berfungsi dengan baik. Menurut dr. Howard Fillit, dari Alzheimer's Drug Discovery Foundation (ADDF), otak membutuhkan lemak sehat, protein tanpa lemak, vitamin dan mineral untuk berfungsi dengan baik,

2. Mengabaikan Penyakit Kronis 

Hipertensi dan diabetes yak tak pernah diobati jadi salah satu penyebab pikun. Menurut dr. Fillit, penderita diabetes memiliki risiko 73 persen lebih tinggi untuk mengalami pikun. 

3. Minum Alkohol Berlebihan 

Minum alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan hilangnya memori. Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi alkohol berkepanjangan dan masalah kognitif. 

4. Merokok

Masih menurut dr. Fillit, dalam satu batang rokok terdapat lebih dari 4.700 senyawa kimia berbahaya. Penelitian juga telah menunjukkan orang-orang yang merokok berisiko 79 persen lebih tinggi mengalami pikun. 

Baca Juga: Ini Golongan Darah yang Punya Daya Ingat yang Lemah Hingga Ingatan Kuat, Beauty Termasuk yang Mana?

Baca Juga: Waspada! Diabetes Ternyata Bisa Bikin Cepat Pikun, Ini Faktanya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.