Menu

Waspadai Bahayanya! Ini 5 Tanda Kerusakan Pada Kulit Akibat Sinar Matahari

16 Januari 2023 15:50 WIB
Waspadai Bahayanya! Ini 5 Tanda Kerusakan Pada Kulit Akibat Sinar Matahari

Ilustrasi kulit keriput. (Freepik/valuavitaly)

HerStory, Bandung —

Sinar matahari merupakan salah satu kekayaan alam yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu contohnya adalah untuk kesehatan kulit. Pasalnya, matahari bisa menjaga kesehatan kulit kita jika mendapatkan asupan sinar yang cukup dan juga di waktu yang tepat.

Tapi, jika kulit terkena paparan sinar matahari terlalu lama dan dalam waktu yang gak pas, kulit ternyata bisa mengalami kerusakan lho. Berikut adalah tanda-tanda kerusakan kulit yang berlebihan, diantaranya:

SunburnĀ 

Sunburn alias kondisi kulit terbakar bisa terjadi akibat paparan radiasi sinar UV berlebihan. Karena terbakar, kulit akan terasa perih, kemerahan, hingga bengkak dan melepuh. Bahkan, kondisi kulit yang terkena sunburn bisa sampai menimbulkan gejala sakit kepala, mual, hingga demam.

Kulit Kering

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Kulit kering akibat paparan sinar matahari ditandai dengan kulit terkelupas (flaking), kemerahan, gatal (itching), dan kulit kasar (roughness).

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan eksfoliasi gentle pada kulit yang terdampak. Caranya, gunakan pelembap untuk menjaga hidrasi kulit, serta rajin minum air putih.

Baca Juga: Gak Cuma Lezat, Manfaat Buah Nanas Bisa Bikin Wanita Ketagihan, Sudah Tahu Moms?

Baca Juga: 5 Kunci Awet Muda Bak Artis Korea, Dijamin Kulit Mulus seperti Porselen

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.