Menu

Bisa Depresi, Ini 5 Dampak Negatif Enggak Mencintai Diri Sendiri

10 Januari 2020 12:00 WIB
Bisa Depresi, Ini 5 Dampak Negatif Enggak Mencintai Diri Sendiri

Ilustrasi wanita sedang merenung. (unsplash/Riccardo Mion)

HerStory, Jakarta —

Belajar bagaimana mencintai diri sendiri adalah proses untuk menghormati hidup. Banyak yang mengabaikan betapa pentingnya mencitai diri sendiri. Banyak hal negatif yang terjadi jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri, simak ulasan berikut

1. Depresi

Salah satu cara sederhana mencintai diri sendiri adalah rasa terima. Jika tidak mencintai diri sendiri, kemungkinan besar kamu juga akan sulit dicintai oleh orang lain. Ketika kamu tidak tahu siapa diri kita, muncul celah secara internal dan apabila dibiarkan terus-menerus itu akan membuat kamu terjebak depresi dengan apa yang terjadi di masa lalu dan cemas untuk hidup di masa depan. Cerita-cerita yang diciptakan oleh pikiran kita dapat merusak kesehatan mental.

2. Tidak memiliki koneksi

Suatu hubungan enggak akan terjadi jika tidak ada kejujuran pada diri sendiri. Manusia sebagai makhluk sosial dalam hidup tentunya membutuhkan koneksi. Jika kamu tidak bisa mencintai diri sendiri, kamu tidak akan memiliki koneksi.  Tanpa koneksi, hidup akan merasa sangat kesepian.

Baca Juga: 5 Cara Mencintai Diri Sendiri, Catat Ya!

3. Sulit mengatakan perasaan kepada orang lain

Jika tidak benar-benar mencintai diri sendiri, mungkin kamu akan sulit mengatakan perasaanmu kepada pasangan. Perlakuan orang lain merupakan cerminan dari diri kita. Pasangan yang cuek mungkin disebabkan perlakuanmu yang seperti itu. Oleh karenanya, mulailah cintai dirimu sendiri agar hubunganmu dengan pasangan berjalan lancar.

4. Sulit mempercayai orang lain yang mencintai kamu

Bagaimana kita mempercayai orang lain ketika kita bahkan tidak bisa mempercayai diri kita sendiri? Keraguan diri dan kecemasan akan suatu hubungan dan pengalaman itu sangat bisa menular. Kurangnya rasa cinta diri sendiri memunculkan asumsi bahwa dirimu menjadi tidak layak untuk dicintai.

5. Tidak akan pernah merasa cukup baik

Ketika kamu enggak mencintai diri sendiri, itu akan membuat kamu terus-menerus merasa ragu dan tidak percaya diri. Kamu akan sering berpikir apakah dirimu sudah cukup baik. Hal itu mengartikan bahwa kamu engga menhormati dirimu sendiri. Untuk mengatasi ini, ucapkan kata-kata positif di depan kaca, seperti "aku mencitai kamu, aku terima kamu apa adanya". Kata-kata itu akan menjadi mindset dan perlahan-lahan kamu akan belajar untuk mencitai dirimu sendiri.

Baca Juga: Waw! Ini 6 Langkah Tepat untuk Menjaga Kesehatan Mental

Untuk itu, mulai saat ini kamu harus belajar mencitai dirimu sendiri ya, Beauty!

Baca Juga: 3 Zodiak yang Punya Cinta Luar Biasa untuk Pasangan, Idaman Banget!

Baca Juga: Duh Beauty, Tiati! Ini Perbedaan Cinta dan Nafsu yang Mesti Kamu Pahami! Jangan Sampai Salah Ya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana